Kerusakan DAS Cilamaya Jadi Perhatian Serius Pemprov Jabar

Rabu, 04 November 2020 - 21:54 WIB
loading...
A A A
Dalam kegiatan tersebut, Kang Emil bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menyempatkan diri melakukan inspeksi dengan melakukan susur sungai untuk mengetahui kondisi DAS Cilamaya.

Selain itu, Kang Emil mengukuhkan Satgas PPK DAS Cilamaya dan Tim Patroli DAS Cilamaya yang bertugas melakukan pencegahan dan penindakan hukum kepada para pelaku pencemaran serta memantau, menginventarisasi, dan mengidentifikasi sumber-sumber pencemaran yang terjadi di DAS Cilamaya.

Masih di tempat yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jabar, Prima Mayaningtyas mengaku optimistis penanganan kerusakan lingkungan di DAS Cilamaya bakal rampung dalam dua tahun ke depan sesuai keinginan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. Menurutnya, persolan di DAS Cilmaya tidak serumit DAS Citarum.

"Kalau dilihat dari problemnya, tidak se-complicated dengan Citarum. Masalah yang besar kan dia industri tuh, habis itu sedimentasi sama limbah domestik," ujar Prima. (Baca juga: Polres Mojokerto Bongkar Pabrik Sabu Rumahan yang Dioperasikan Bandar )

Selain itu, lanjut Prima, persoalan tata guna lahan dan sampah domestik yang dihasilkan masyarakat di kawasan DAS Cilamaya tidak separah DAS Citarum. Bahkan, kata Prima, tata guna lahan di DAS Cilamaya masih jauh lebih baik yang ditandai dengan masih terjaganya kawasan hutan.

Namun, Prima menekankan, dalam upaya penanganan kerusakan DAS Cilamaya harus disertai skala prioritas. Menurutnya, melihat kondisi saat ini, penanganan limbah industri harus diprioritaskan.

Prima mengaku optimistis penanganan limbah industri dapat berjalan sesuai harapan. Apalagi, kata Prima, pihaknya bersama jajaran TNI sudah membangun kerja sama dalam upaya penegakan hukum yang diawali tindakan preventif hingga penindakan hukum.

"Nah, dua tahun sebenarnya memungkinkan kalau anggarannya ada dan semua pihak konsisten ikut terlibat dalam penanganan DAS Cilamaya," katanya. (Baca juga: ASN Wajo Terlibat Pencurian Mobil, Tak Berkutik Dibekuk Polisi )

Sementara itu, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan, pencemaran dan kerusakan di DAS Cilamaya memerlukan penanganan yang terintegrasi dan sinergis dari berbagai pihak terkait dengan kemauan yang nyata dan solutif dari para pemangku kepentingan.

"Political will yang telah dibangun oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dengan membentuk Satgas Pengendalian Pencemaran DAS Cilamaya diharapkan menjadi solusi untuk mengembalikan dan menyelamatkan DAS Cilamaya," kata Budi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)