Inovasi di Tengah Pandemi, Masker Batik Solo Sukses Tembus Eropa

Minggu, 25 Oktober 2020 - 17:30 WIB
loading...
Inovasi di Tengah Pandemi, Masker Batik Solo Sukses Tembus Eropa
Esti Kiswondari menunjukkan masker kain batik yang diproduksi Griya Kain Solo. Foto/SINDOnews/Ary Wahyu Wibowo
A A A
SOLO - Bisnis batik yang digeluti Esti Kiswondari, butuh proses panjang sebelum akhirnya berkembang pesat dan menembus pasar Eropa . Pemilik usaha Griya Kain Solo yang menjadi mitra binaan Pertamina tersebut, tetap mampu membaca peluang dengan sejumlah inovasi di tengah pandemi COVID-19.

Usaha yang dijalani Esti Kiswondari terinspirasi dari usaha ibu mertuanya yang berjualan kain di Pasar Gede Solo. Dirinya kala itu turut membantu berjualan dan melihat usaha yang dijalankan masih konvensional dan tak ada catatan keuangan. Keuntungan yang didapatkan juga sangat tipis hanya sekitar Rp25. (Baca juga: Majukan UKM, Kapolda Kalsel Wajibkan Anggota Kenakan Batik Sasirangan Setiap Jumat)

"Dari situ saya melihat batik dan kerajinan di Solo memiliki peluang yang luar biasa," kata Esti Kiswondari saat ditemui di Griya Kain Solo yang beralamatkan di Jalan Moyo, Nomor 6 Kampung Baru, RT 04 RW 02, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah (Baca juga: Pesan Protokol Kesehatan Melalui Karya Batik Corona)

Kebakaran Pasar Gede Solo tahun 2000 lalu memberikan hikmah tersendiri baginya. Ketika menempati kios darurat sembari menunggu pasar selesai diperbaiki, ia mulai kenal dengan penjualan kain, dan batik di Beteng. "Saya mulai banyak kenal, dan mencoba bawa dulu," terangnya. Saat menempati pasar darurat kala itu, para pedagang membentuk organisasi hingga banyak kenal kawan dan peluang. Termasuk Dinas Koperasi dan Perdagangan yang kemudian mengajak pameran lokal.

Kala itu ada anggaran Rp5 juta dari APBD dan dirinya nekat pinjam agar bisa ikut pameran di Yogyakarta. Tahun 2005 lalu, ia sebenarnya sudah kenal dengan Pertamina namun masih takut untuk menjadi mitra binaan. Dari modal Rp5 juta, usaha yang dijalani terus meningkat dan bisa memproduksi baju sendiri dan mengenal para perajin batik. Baru ketika membutuhkan modal besar, tahun 2017 suaminya mengajukan pinjaman ke Pertamina.
Pengajuan kredit Rp50 juta karena agunannya hanya mobil.

"Mobil itu kami beli dari hasil menyimpan keuntungan setiap pameran," paparnya. Dari situ, usahanya juga menjadi mitra binaan Pertamina. Selama menjadi mitra binaan sampai kini, Pertamina memfasilitasi agar untuk ikut pameran ke berbagai tempat. Selain diajak pameran dan mendapat pinjaman modal, keuntungan yang diraih adalah mendapat networking antar mitra binaan Pertamina.

Saat COVID-19, dirinya juga mendapat pelatihan dan sosialisasi untuk marketplace penjualan secara online yang linknya ke BUMN. Selain itu juga dibantu untuk foto produk, membuat foto yang bagus. Ia banyak mendapat pengetahuan baru mengenai bisnis secara online yang sampai kini dipakai. Yang paling terasa adalah mendapatkan jaringan pasar, mendapat customer baru.

Kemitraan tak sekedar hanya modal, namun juga pendampingan, hingga perbaikan manajemen. "Saya memilih Pertamina karena ada program program untuk mitra binaan, pelatihan, dan beragam informasi," ucapnya. Pembuatan produk juga didampingi mulai dari packaging, manajemen, keuangan, hingga mendisplay produk agar bagus.

Bahkan di tengah pandemi COVID-19, dirinya berani kembali mengajukan pinjaman modal ke Pertamina. Esti juga berharap perusahaan BUMN itu memfasilitasi virtual expo bagi mitra binaannya. Berkembangnya Griya Kain Solo yang bermitra dengan Pertamina juga memberikan manfaat bagi perajin batik, pemasok dan usaha kecil menengah (UKM) lainnya. Termasuk keluarga, karyawan, dan sekitarnya.

Menjadi mitra binaan ternyata cukup mudah. Diawali adanya undangan dari Dinas Koperasi Kota Solo. Saat itu, sejumlah BUMN diundang guna menyosialisasikan programnya. Dirinya kemudian mencoba meminjam dana dengan agunan mobil. “Ternyata mudah sekali ngisinya, lalu disurvei. Saya mengajukan karena membutuhkan modal dan pendampingan. Sebab biaya pameran dan ekspedisi semakin mahal,” lanjutnya.

Usaha yang digelutinya fokus pada batik tulis. Beragam inovasi dilakukan agar bisa mengikuti perkembangan zaman tetapi tidak meninggalkan tradisional yang menjadi khas Kota Solo. Omzet pendapatan yang diperoleh semenjak menjadi mitra binaan melonjak siginifikan. Apalagi jika habis diajak mengikuti pameran, omzetnya bisa naik 4 kali lipat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1813 seconds (0.1#10.140)