Majukan UKM, Kapolda Kalsel Wajibkan Anggota Kenakan Batik Sasirangan Setiap Jumat

Jum'at, 16 Oktober 2020 - 19:57 WIB
loading...
Majukan UKM, Kapolda Kalsel Wajibkan Anggota Kenakan Batik Sasirangan Setiap Jumat
Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta melihat Batik Sasirangan ke Kampung Sasirangan, Kelurahan Sei Jingah, Kota Banjarmasin, Jumat (16/10/2020). Ia mewajibkan anggota setiap hari Jumat mengenakan Batik Sasirangan. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BANJARMASIN - Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Pol Nico Afinta berkunjung ke Kampung Sasirangan Kelurahan Sei Jingah Kota Banjarmasin, Jumat (16/10/2020). Kapolda beserta rombongan melihat usaha kecil menengah (UKM) Kampung Sasirangan dalam rangka Pencanangan Penggunaan Pakaian Sasirangan bagi ASN Polri dan Polisi berseragam bebas.

Secara khusus, Kapolda melihat UKM batik khas Kalsel bernama Sasirangan yang merupakan budaya lokal. Salah satu bentuk budaya lokal yang digunakan yakni baju dengan bahan Kain Sasirangan. (

Kapolda menambahkan, setiap ada kunjungan ke daerah di Kalsel khususnya di Kota Banjarmasin pastinya warga akan diarahkan ke Kampung Sasirangan di Kelurahan Sei Jingah guna membudayakan, mengharumkan dan melestarikan budaya lokal Kalimantan Selatan ini. Pada kunjungan ini Kapolda memberikan tali asih berupa 60 kotak sembako dan 300 masker kepada perwakilan UKM Pengrajin Sasirangan dan Kuliner Kota Banjarmasin.

Kehadiran Kapolda di Kampung Sasirangan juga untuk mendorong para Kapolsek dan Kapolres/Ta di Jajaran Polda Kalsel untuk perhatian kepada budaya lokal serta meningkatkan kegiatan ekonomi lokal. Tujuannya membantu meningkatkan perekonomian secara keseluruhan. (Baca juga: Kapolda Kalsel Ingatkan Bahaya Narkoba dan Sanksi Hukumnya)

Tidak hanya Kain Batik Sasirangan saja yang dilihat Kapolda Kalsel. Ke depan orang nomor satu di Polda Kalsel ini juga akan melihat industri makanan kecil seperti ikan yang diawetkan dan madu yang dapat memperkuat tubuh dalam menghadapi wabah Covid-19.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3061 seconds (0.1#10.140)