Aliansi Kebangsaan Gelar FGD Virtual Gerakan Tranformasi Menuju Ekonomi Pengetahuan

Jum'at, 16 Oktober 2020 - 16:21 WIB
loading...
A A A
“Harus kita sadari bersama bahwa transformasi perekonomian dunia menuju Ekonomi Pengetahuan pasti akan terus berlanjut, sejalan dengan kemajuan teknologi. Apakah bangsa ini akan berdiam diri hanya menjadi penonton dari transformasi tersebut sehingga terus menerus menjadi konsumen teknologi atau kita juga menjadi pemain aktif di dalamya?” kata dia.

Menurut Pontjo, semua itu tentu pilihannya terpulang dari bangsa ini. Namun menurut dia seharusnyalah bangsa ini terus berusaha mengejar ketertinggalan teknologi, apalagi Indonesia sudah bertekad menjadi negara maju pada tahun 2045.

“Tanpa penguasaan teknologi, mustahil Indonesia akan mampu membangun kemandirian ekonomi dan bersaing di tingkat global. Namun yang harus tetap kita jaga, transformasi ekonomi ini tidak boleh bergerak liar namun harus tetap dalam tuntunan nilai-nilai Pancasila demi kemakmuran inklusif dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata Pontjo mengingatkan.

Pontjo menjelaskan, negara-negara dengan kekayaan alam yang berlimpah sekalipun sudah menyadari bahwa suatu saat kekayaan alamnya akan habis.

Sementara kekayaan intelektual manusia, apabila dikelola dengan baik, akan berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan memperbaiki kualitas hidup suatu bangsa.

“National power, kedayasaingan, kemakmuran sebuah bangsa, tidak lagi ditentukan oleh endowment facto” seperti sumber daya alam, iklim, dan letak geografi. Akan tetapi sangat ditentukan oleh advanced factor yaitu ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata dia.
(nth)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3166 seconds (0.1#10.140)