Bupati Asmat Membuka FGD ke-II, Ini yang Dibahas dalam FGD Kedua

Kamis, 27 Mei 2021 - 22:25 WIB
loading...
Bupati Asmat Membuka FGD ke-II, Ini yang Dibahas dalam FGD Kedua
Bupati Kabupaten Asmat Elisa Kambu membuka pelaksanaan Focus Grup Discussion (FGD) Ke-II yang dilaksanakan oleh Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (BP4D) Asmat di Gedung Wiyata Mandala Agats, Kamis (27/5/21).
A A A
ASMAT - Bupati Kabupaten Asmat Elisa Kambu membuka pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) Ke-II yang dilaksanakan oleh Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (BP4D) Asmat di Gedung Wiyata Mandala Agats, Kamis (27/5/21)

FGD Ke-II ini, dalam rangka pembahasan penyusunan dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Asmat pada 2021-2026.

Bupati Elisa Kambu dalam sambutanya menjelaskan, teknis penyusunan KLHS RPJMD mengacu pada Permendagri No 7 Tahun 2018 tentang pembuatan dan pelaksanaan KLHS dan RPJMD. Sebelumnya, pelaksanaan FGD tahap I telah dilaksanakan beberapa bulan kemarin dan saat ini telah dilaksanakan FGD ke-II sebagai upaya penyusunan yang kongkrit terkait KLHS dan RPJMD.

"Hal ini merupakan salah satu rangkaian dari beberapa tahapan yang telah ditentukan dalam proses penyusunan dokumen KLHS dan RPJMD 2021-2026,"ujarnya.

Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai upaya untuk melakukan validasi terhadap capaian 17 indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yang telah dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Asmat pada periode pembangunan 2016-2020. Hal ini untuk merumuskan skenario alternatif dan proyeksi penyampaian indikator TPB RJPMD Kabupaten Asmat periode 2021-2026.

"Pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan mengandung maksud bahwa pembangunan tidak hanya mengejar kepentingan generasi saat ini, tetapi harus pula memperhatikan kepentingan generasi yang akan datang dan tetap menjaga aspek- aspek keserasian serta keseimbangan,"ujarnya.

Lebih lanjut Elisa mengatakan, semangat pembangunan berkelanjutan sebenarnya telah menjadi bagian dalam pembangunan di Kabupaten Asmat. Sebagaimana telah tercantum dalam falsafah hidup masyarakat Asmat yaitu "Ja Asamanam Apcamar" yang artinya maju dengan keseimbangan.

Elisa berharap, semoga penyusunan dokumen KLHAS dan RPJMD 2021-2026, dapat lebih memantapkan Pemda Asmat pada pencapaian visi menuju masyarakat Asmat yang maju, mandiri sejahtera dan bermartabat berbasis budaya lokal.

Hadir dalam pembukaan FGD ini, Plh.Sekda Asmat Pieter Dallung, Kabag OPS Polres Asmat AKP I Wayan Laba, Danramil 1707-08 Agats Kapten Inf Rony KR serta kepala para asisten sekda, staf ahli bupati, Kepala OPD, tokoh masyarakat dan tamu undangan terkait. (CM)
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3738 seconds (0.1#10.140)