Berkunjung di Kerajaan Gowa, Tjahjo Kumolo Diberi Keris Pusaka

Kamis, 15 Oktober 2020 - 08:05 WIB
loading...
A A A


Dia dibunuh oleh saudara sesusuannya yang bisu bernama I Lolo Tamakkana untuk menjaga keselamatan raja dan permaisuri yang juga sekaligus bermakna menjaga keselamatan negara dan mengayomi seluruh rakyat.

Menurut kisah yang beredar di masyarakat, keris ini dibuat ratusan tahun yang lalu dari bahan dasar logam meteorit yang jatuh ke bumi dan dibuat oleh panrita bassi atau pandai besi tanpa ditempa dan dipanaskan dengan api.

Akan tetapi dibuat dengan cara dipijat dan ditekan menggunakan telunjuk dan ibu jari sang pandai besi. Itulah sebabnya ukuran keris ini sedikit lebih kecil dibandingkan ukuran ukuran keris pada umumnya.

Raja Gowa ke-38 Andi Kumala Andi Idjo mengatakan pemberian keris pusaka itu diharapkan bisa membangun silaturahmi antara kerajaan Gowa dengan Menpan RB Tjahjo Kumolo .

"Pemberian keris pusaka itu untuk mempererat tali silaturahmi dengan Bapak Menpan RB Tjahjo Kumolo . Kita harap beliau ikut menjaga marwah dan warisan budaya Kerajaan Gowa," kata Andi Kumala Andi Idjo.

Pjs Bupati Gowa, Aslam Patonangi mengatakan, kunjungan ini menjadi bukti bahwa Gowa adalah kabupaten dengan memiliki banyak sejarah.



Bahkan seorang menteri telah menjadi bagian dari masyarakat Gowa yang ditandai dengan pemberian keris.

"Ini membuat kita sebagai orang Gowa bangga. Balla Lompoa ini simbol dari historis kita dengan tagline Gowa bersejarah, dan dari sini juga lahir pahlawan nasional salah satunya Sultan Hasanuddin," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2522 seconds (0.1#10.140)