Haul Ke-354 Sultan Hasanuddin Usulkan Unhas dan Kodam XIV Hasanuddin Diubah

Rabu, 12 Juni 2024 - 18:04 WIB
loading...
Haul Ke-354 Sultan Hasanuddin Usulkan Unhas dan Kodam XIV Hasanuddin Diubah
Lembaga Trah Gowa Tallo Sanrobone (GTS) keturunan Raja Gowa Ke-16, Sultan Hasanuddin akan mengusulkan penambahan nama Unhas dan Kodam XIV/Hasanuddin. Foto/SINDOnews/Abdoellah Nicolha
A A A
MAKASSAR - Lembaga Trah Gowa Tallo Sanrobone (GTS) yang di dalamnya terhimpun keturunan Raja Kerajaan Gowa Ke-16, Sultan Hasanuddin akan mengusulkan penambahan nama Unhas dan Kodam XIV/Hasanuddin.

Hal tersebut terungkap dalam Dialog Adat dan Budaya sebagai rangkaian Haul Ke-354 Sultan Hasanuddin di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (12/6/2024).



Pada kesempatan itu, para keturunan Raja Gowa ke-16 ini mengusulkan adanya penambahan Sultan pada nama Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Komando Daerah Militer (Kodam) XIV/Hasanuddin.

“Kami ingin mengusulkan penambahan nama Sultan, jadi bukan perubahan nama ya,” kata Ketua Umum Lembaga Trah GTS, Suwardi Idris Amir.

Menurut dia, nama Hasanuddin terlalu umum. Sehingga perlu penambahan nama Sultan di penamaan Unhas maupun Kodam XIV/Hasanuddin.

“Banyak yang punya nama Hasanuddin, beda dengan Sultan Hasanuddin, hanya keturunan raja yang memiliki nama itu,” kata Suwardi yang bergelar I Daeng Mattawang yang tidak lain adalah cicit Raja Gowa Ke-16 itu.



Karena itu, pihaknya akan bersurat ke pihak Unhas dan Kodam XIV/Hasanuddin untuk menggelar dialog bersama terkait usulan tersebut.

“Jadi kami sekedar ingin mengusulkan dan tidak memaksa. Kami bahkan berterima kasih karena telah menggunakan nama leluhur kami agar bisa selalu dikenang. Cuma kami ingin agar nama leluhur kami ini digunakan secara utuh, Sultan Hasanuddin,” ujarnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1868 seconds (0.1#10.140)
pixels