Biografi Sultan Hasanuddin, Pahlawan Nasional Berjuluk Ayam Jantan dari Timur

Rabu, 30 Agustus 2023 - 09:57 WIB
loading...
Biografi Sultan Hasanuddin, Pahlawan Nasional Berjuluk Ayam Jantan dari Timur
Sultan Hasanuddin merupakan pahlawan nasional yang berani melawan penjajah dari Indonesia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Nama Sultan Hasanuddin tentu sudah tidak asing bagi sebagian masyarakat Tanah Air. Sosok pahlawan nasional Indonesia ini telah banyak diketahui kisah dan perjuangannya melalui berbagai buku dan literatur lain.

Berasal dari Makassar, Sultan Hasanuddin juga diketahui sebagai Raja Gowa ke-16. Bersama pejuang lainnya, dia turut melakukan perlawanan terhadap penjajah yang berniat menguasai Nusantara.

Kegigihan Sultan Hasanuddin dalam perjuangannya melawan Belanda memberikan julukan yang sangat ikonik sampai sekarang. Dia diberikan sebutan De Haantjes van Het Oosten atau Ayam Jantan dari Timur.

Lantas, seperti apa sosok Sultan Hasanuddin ini? Untuk mengenalnya lebih jauh, simak ulasan biografi Sultan Hasanuddin berikut ini.

Latar Belakang Sultan Hasanuddin


Sultan Hasanuddin lahir pada 12 Januari 1631. Dia memiliki nama lahir Muhammad Bakir I Mallombasi Daeng Mattawang Karaeng Bonto Mangape.

Dari latar belakang keluarganya, Hasanuddin merupakan putra dari Raja Gowa ke-15, yakni Sultan Malik as-Said. Ibunya bernama I Sabbe To’mo Lakuntu.



Memiliki riwayat keluarga kerajaan Gowa, Sultan Hasanuddin juga diketahui sebagai cucu Sultan Alauddin (1593-1639). Dia adalah Raja Gowa yang pertama memeluk agama Islam.

Kehidupan Awal Sultan Hasanuddin


Terlahir dalam latar belakang keluarga Islam, Hasanuddin saat kecil mendapat pendidikan keagamaan di Masjid Bontoala. Selain itu, dia juga kerap mengikuti ayahnya ketika menghadiri pertemuan penting.

Ilmu dan pengalaman yang didapatnya ini membuat Hasanuddin banyak dipercaya menjadi delegasi untuk mengirimkan pesan ke kerajaan lain. Sebelum naik takhta menjadi Raja Gowa, dia sempat menjabat urusan pertahanan kerajaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2203 seconds (0.1#10.140)