Sosok Tjahjo Kumolo di Mata Tokoh PDIP Sulsel, Rudy Pieter Goni: Selamat Jalan Mentorku

Jum'at, 01 Juli 2022 - 20:22 WIB
loading...
Sosok Tjahjo Kumolo di Mata Tokoh PDIP Sulsel, Rudy Pieter Goni: Selamat Jalan Mentorku
Almarhum Menpan-RB, Tjahjo Kumolo bersama Sekretaris PDI Perjuangan Sulsel, Rudy Pieter Goni di suatu kesempatan. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( MenpanRB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia usai menjalani perawatan intensif di rumah sakit Abdi Waluyo, Menteng , Jakarta Pusat.

Tjahjo meninggal dunia usai menjalani perawatan karena penyakit paru-paru yang dideritanya.

Kepergian politukus PDIP senior itu meninggalkan duka mendalam bagi segenap kader dan elite partai banteng moncong putih, tidak terkecuali jajaran kader dan simpatisan di Sulawesi Selatan.



Sekretaris PDI Perjuangan Sulsel, Rudy Pieter Goni (RPG) mengatakan, Beliau adalah sosok pemimpin yang sangat merakyat dan rendah hati.

"Pak Cahyo adalah pemimpin yang sangat merakyat serta tidak protokuler. Sangat sederhana dan kuat perkawanan. Bulan Mei kemaren kami di Semarang, pas Beliau di sana juga. Bukannya kami yang merapat tapi justru almarhum yang menjemput dan mengajak kami berkeliling Kota Semarang," tutur RPG.



Karena itu, kabar kepergian Beliau menjadi duka bagi segenap kader PDI Perjuangan Sulsel, apalagi hidup mantan Sekjen PDI Perjuangan itu diisi oleh pemikiran dan kerja untuk bangsa dan negara.

"Kami sangat kehilangan sosok sederhana, secara pribadi sangat kehilangan. Apalagi percakapan terakhir adalah ketika berjanji ke Makassar 1 Juni lalu. Tapi batal karena ada kegiatan kenegaraan. Ternyata itu percakapan terakhir. Selamat jalan mentorku," ujar anggota DPRD Sulsel yang telah menduduki jabatan Sekretaris PDIP Sulsel selama 6 periode ini.



Ungkapan duka juga disampaikan srikandi PDIP Sulsel, Risfayanti Muin. Dia mengaku sangat kehilangan dengan sosok Tjahjo Kumolo yang telah mengajarkan bagaimana berpolitik yang santun dan baik.

"Kami kehilangan sosok pemimpin yang santun, sederhana dan merakyat. Beliau ada seorang guru politik yang patut jadi panutan, selamat jalan Pak Tjahjo," tutur anggota DPRD Sulsel ini.

Tjahjo Kumolo tutup usia di RS Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat pada Jumat (1/7/2022) sekira pukul 11.00 WIB. Jenazah Tjahjo dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2181 seconds (0.1#10.140)