Bupati Buton Selatan Terima Langsung Penghargaan SAKIP & RB Awards 2021

Selasa, 05 April 2022 - 14:04 WIB
loading...
Bupati Buton Selatan Terima Langsung Penghargaan SAKIP & RB Awards 2021
Pemkab Buton Selatan kembali diganjar penghargaan dari Kementerian PAN RB atas laporan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) untuk 2021.
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan di bawah kepemimpinan La Ode Arusani kembali diganjar penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) atas laporan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) untuk 2021.

Penghargaan itu diterima langsung Bupati Buton Selatan La Ode Arusani didampingi Sekda Buton Selatan Laode Budiman, Kadis BPMDes Jafar, dan Kabag Organisasi Sekretariat Kabupaten Buton Selatan LM. Safii, di Jakarta, Selasa (5/4/2022).

“Penyerahan hasil evaluasi yang bernama Sakip & RB Awards 2021 dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada instansi pemerintah yang telah mampu menunjukkan berbagai perubahan dan inovasi dalam tata kelola pemerintahannya,” ujar Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PAN RB Erwan Agus Purwanto di Jakarta.

Kegiatan penyerahan hasil evaluasi ini merupakan bagian akhir dari serangkaian proses evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi pemerintah. Salah satu tujuan penyelenggaraannya adalah untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa reformasi birokrasi telah memiliki hasil yang nyata, birokrasi terus berbenah menuju terciptanya good governance.

Evaluasi reformasi birokrasi (RB) diselenggarakan untuk mengetahui perbaikan-perbaikan di seluruh aspek birokrasi sehingga tujuan dari reformasi birokrasi, yaitu birokrasi yang ideal, bebas dari KKN, kapabel, dan mampu memberikan layanan prima pada masyarakat, bisa diwujudkan.

Sementara evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) digunakan untuk mengetahui apakah kementerian/lembaga/pemerintah daerah mampu melakukan efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan anggaran.

"SAKIP itu tentang perencanaan yang baik, bagaimana menyusun sasaran kinerjanya, bagaimana merencanakan program kegiatannya, kemudian bagaimana penggunaan anggarannya. Jadi memang keseluruhan sistem,” kata Erwan Agus Purwanto.

Gelaran SAKIP & RB Awards 2021 dilakukan secara daring dan luring dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Sebanyak 44 perwakilan dari instansi pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota menerima penghargaan secara langsung. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1743 seconds (0.1#10.140)