Tukar Guling Lahan Pemkot Gorontalo -Lanud Samratulangi Kian Pasti

Rabu, 14 Oktober 2020 - 13:34 WIB
loading...
Tukar Guling Lahan Pemkot Gorontalo -Lanud Samratulangi Kian Pasti
Rencana tukar guling lahan antara Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo dengan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Samratulangi kian pasti.
A A A
KOTA GORONTALO - Rencana tukar guling lahan antara Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo dengan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Samratulangi kian pasti. Kedua belah pihak segera merampungkan beberapa dokumen-dokumen sebagai legalitas kepemilikan aset tersebut.

Rencana itu makin dipermantap lagi melalui pembahasan oleh Komandan Lanud TNI AU Kolonel. Pnb. Abram R.A Tumanduk dengan Wali Kota Gorontalo Marten Taha, di Kantor Wali Kota Gorontalo, Selasa (13/10/2020).

Seperti diketahui TNI Angkatan Udara memiliki aset berupa lahan yang berada di Kota Gorontalo, yaitu di kelurahan Tenda kecamatan Hulondhalangi. Namun seiring dengan perkembangan wilayah pemukiman, lahan itu telah beralih menjadi kawasan pemukiman warga sekitar.

Atas pertimbangan itu akhirnya Pemkot Gorontalo menempuh solusi tukar guling aset lahan yang berada di kelurahan Wonggaditi barat kota utara.

Marten Taha saat menerima rombongan Lanud menyampaikan apresiasinya terhadap Lanud Samratulangi, yang secara getol mendampingi pemerintah Kota Gorontalo menyelesaikan masalah lahan yang dinilai telah berlangsung cukup lama. ”Kata sepakat telah disetujui bersama, kita tinggal melengkapi dokumen kepemilikan aset kedua belah pihak,” ujar Marten.

Marten merencanakan apabila aset itu telah berpindah tangan ke Pemerintah Kota Gorontalo, dirinya akan menata kawasan tersebut menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali warga, yaitu dengan membangun rumah susun.

Kepala Bidang Aset Badan Keuangan Kota Gorontalo Nurhudayah mengatakan, pihaknya tengah melengkapi dokumen yang diperlukan saat proses pelepasan aset nanti. Apabila dokumen telah lengkap, maka tahapan selanjutnya akan dibuatkan berita acara sampai pada akhir kesepakatan dengan penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD). ”Target kami, akhir bulan ini persoalan hibah lahan sudah tuntas,” ucapnya.

Kol. PNB. Abram Tumanduk menyampaikan ungkapan berterima kasihnya kepada Walikota Gorontalo Marten Taha beserta jajaran yang telah mendukung pengembangan Lanud kedepan. proses saling hibah atau tukar guling lahan adalah bagian dari rencana menjadikan gorontalo sebagai lanud tipe C. menurutnya dengan dukungan lahan yang stategis lanud dapat membangun fasilitas penunjang operasonal yang memadai.

”Progres kita ke depan, Lanud Samratulangi akan diusulkan menjadi tipe A, dan Gorontalo adalah salah satu sektor pendukung menjadi hinterland-nya,” kata Abram Tumanduk.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2184 seconds (0.1#10.140)