Jaga Stabilitas Harga, Pemkot Gorontalo Seriusi Pengendalian Inflasi

Rabu, 26 Oktober 2022 - 16:17 WIB
loading...
Jaga Stabilitas Harga, Pemkot Gorontalo Seriusi Pengendalian Inflasi
Pemkot Gorontalo serius bergerak meredam potensi kenaikan inflasi sejak dini dengan sejumlah langkah termasuk memastikan ketersediaan barang dan jasa yang paling dibutuhkan
A A A
KOTA GORONTALO - Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo serius bergerak meredam potensi kenaikan inflasi sejak dini. Sejumlah langkah pun telah ditempuh Pemkot Gorontalo, termasuk memastikan ketersediaan barang dan jasa yang paling dibutuhkan selalu ada dan tidak menyulitkan masyarakat.

"Soal peredaran barang dan jasa ini penting. Kalau barang tidak tersedia akan menimbulkan kenaikan harga. Itu bisa menurunkan daya beli maasyarakat. Nah hal itu antara lain yang menjadi pemicu inflasi," ujar Wali Kota Gorontalo Marten Taha, usai mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi secara Hybrid di Aula Banthayo Lo Yiladia Kota Gorontalo, Senin (24/10/2022).

Upaya memastikan inflasi di daerah tetap terkendali menjadi salah satu topik yang ditegaskan pemerintah pusat ke setiap daerah dalam rapat koordinasi yang dimaksud.

Selain itu, kata Marten, pemerintah daerah diminta memperhatikan stok dan distribusi barang. Terlebih khusus pengadaan barang-barang kebutuhan pokok yang frekuenasi kenaikannya selalu muncul dalam setiap hari atau setiap pekan.

Sebelum ini, lanjut Marten, telah ada instruksi untuk SKPD terkait agar segera membelanjakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah perubahan yang telah ditetapkan pada September 2022.

Sejumlah SKPD seperti Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Pangan, Dinas Pertanian serta instansi lain lingkup Pemerintah Kota Gorontalo yang berhubungan perekonomian diminta dapat begerak cepat untuk memaksimalkan anggaran yang tersedia. Tujuannya selain untuk agenda optimaliasi pembangunan ekonomi, juga demi memudahkan masyarakat memperoleh barang-barang yang dibutuhkan.
(ars)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1986 seconds (11.252#12.26)