Delapan Pegawai Dishub DIY Positif COVID-19, Kantor Tutup Dua Minggu

Minggu, 04 Oktober 2020 - 18:14 WIB
loading...
Delapan Pegawai Dishub DIY Positif COVID-19, Kantor Tutup Dua Minggu
ilustrasi
A A A
YOGYAKARTA - Dinas Perhubungan (Dishub) DIY terpaksa menutup kantor alias work from home (WFH). Ini dilakukan setelah delapan aparatur sipil negara (ASN) Dishub dinyatakan positif COVID-19.

PLt Dishub DIY, Ni Made Dwi Panti Indrayanti mengungkapkan, saat ini para pegawai yang dinyatakan positif langsung dikarantina. Pihaknya juga meminimalisir risiko penularan di lingkungan kantor.

"Sejak kasus positif pertama, pihaknya sudah mengambil tindakan untuk menerapkan sistem Work From Home (WFH). WFH diterapkan selama 14 hari, terhintung sejak tanggal 28 September 2020 lalu," terangnya kepada wartawan di Yogyakarta Minggu (3/10/2020).

(Baca juga: Penjual Pakaian Online di Sukoharjo Ditangkap Densus 88 )

Selain itu, upaya penyemprotan disinfektan secara rutin di lingkungan kantor juga dilakukan. Pihaknya juga akan melakukan swab tahap kedua kepada seluruh pegawai Dishub pada Senin, 5 Oktober besok. "Total kurang lebih 70 orang,” ungkap Made.

Dia menjelaskan, terpaparnya para ASN berdasarkan tracing yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan DIY. Kasus tersebut bermula dari satu orang pegawai yang hendak pulang ke kampung halaman di Jawa Timur.

"Pegawai tersebut bermaksud untuk menemani istri yang akan melahirkan. Namun karena merasa kurang sehat dan hendak bepergian, dirinya berinisiatif untuk melakukan swab mandiri. Dari hasil pemeriksaan tersebut, pada (28/09) lalu, dirinya dinyatakan positif. Untuk selanjutnya, yang bersangkutan dirawat di RS. Bhayangkara Sleman," tukas dia.

(Baca juga: Pilkada Bisa Aman dari COVID, Pengamat: Butuh Kompromi Nasional )

Atas kasus tersebut tracing dilakukan terhadap lingkungan terdekat pegawai tersebut mulai keluarga hingga lingkungan kerja mendapatkan perhatian khusus.

"Swab yang dilakukan kepada lingkungan keluarga menunjukkan hasil negatif. Namun, swab yang dilakukan pada 19 orang pegawai di kantor tersebut menunjukkan 6 orang juga terkonfirmasi postitif COVID–19 pada Sabtu (03/10/2020)," tandasnya.

Sementara Juru bicara Pemda DIY Untuk Penanganan COVID-19 Berty Murtiningsih mengatakan hari ini ada tambahan satu kasus untuk pegawai Dishub. Dengan demikian jumlah ASN di lingkungan Dishub DIY menjadi delapan orang. "Kemarin ada tujuh hasil keluar dan sekarang tambah satu," ulasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2129 seconds (0.1#10.140)