Merak Hijau di Kebun Binatang Bandung Bertelur 14 Butir, 2 Sudah Menetas

Minggu, 04 Oktober 2020 - 13:13 WIB
loading...
Merak Hijau di Kebun Binatang Bandung Bertelur 14 Butir, 2 Sudah Menetas
Burung merak hijau. Foto/Istimewa/faunadanflora.com
A A A
BANDUNG - Kabar gembira bagi pecinta burung. Kebun Binatang Bandung memiliki 14 butir telur merak hijau yang sedang dalam proses menetas. Jika menetas nanti, koleksi burung merak hijau di Kebun Binatang Bandung akan bertambah yang saat ini jumlahnya telah mencapai belasan.

Burung merak hijau atau dalam bahasa Inggris disebut Green Peafowl ini adalah satwa yang memiliki habitat di Benua Asia dan Afrika. Burung merak hijau jantan dewasa akan memiliki bulu lebat yang bisa mengembang layaknya kipas. (BACA JUGA: Niat Sebar Hoaks Uji Vaksin COVID-19, Akhirnya 'Gatot' )

Marketing Communication Kebun Binatang Bandung Sulhan Syafii mengatakan, pihaknya baru saja mendapatkan 14 telur merak hijau. Telur tersebut saat ini sedang berada di mesin inkubator untuk proses penetasan. (BACA JUGA: Ketua Dewan Profesor Unpad: Kunci Pemulihan Ekonomi adalah Tangani Pandemi )

"Telur-telur tersebut mulai ditetaskan sejak periode awal Agustus 2020. Hingga saat ini sudah ada dua butir telur yang menetas dengan baik dan dalam proses perawatan intensif," kata Aan, sapaan akrab Sulhan Syafii, Minggu (4/10/2020). (BISA DIKLIK: Pemkot Bandung Bakal Terapkan Minilockdown di RW 9 Kelurahan )

Kendati begitu, ujar Aan, ada delapan telur merak hijau yang telah dinyatakan gagal menetas. Sisanya, masih dalam proses penetasan. Dia berharap, proses penetasan berjalan lancar sehingga akan menambah jumlah koleksi merak hijau di Kebun Binatang Bandung.

Aan menuturkan, saat ini, Kebun Binatang Bandung memiliki 21 merak hijau hasil pengembangbiakan sebelumnya. Ada enam ekor merak hijau yang dilepaskan di area kebun Binatang Bandung

"Mereka bebas berkeliaran di dalam area seluas hampir 14 hektare ini. Memang terkadang burung ini bisa terbang jauh hingga ke area lain seperti Sabuga dan juga Cihampelas dan beberapa titik lain," tutur Aan.

Namun ketika dilepaskan, burung itu menjadi menarik ketika pejantan memekarkan bulunya saat pengunjung ada di sekitar mereka. Bulu merak hijau yang mengembang menjadi daya tarik tersendiri.

Saat ini, lima petugas yang khusus merawat burung di Kebun Binatang Bandung. Mereka menjadi perawat burung atau aves yang jumlahnya sekitar 419 ekor dari 53 jenis burung, baik dari dalam maupun luar negeri.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1556 seconds (0.1#10.140)