Modal Rp0, Wanita Ini Bisa Sukses Jadi Pengusaha, Ini Ceritanya

loading...
Modal Rp0, Wanita Ini Bisa Sukses Jadi Pengusaha, Ini Ceritanya
Sherin Gabreila. Foto/Ist
BOGOR - Produk fashion adalah hal yang tak akan pernah tertinggal mengikuti perkembangan zaman. Termasuk juga aksesoris. Jam tangan merupakan salah satu aksesoris yang tidak pernah ada berhentinya.

Sherin Gabreila selaku pemilik onlineshop @sherinshop pun memiliki ide untuk berinovasi dengan produk jam tangan. Jam tangan bisa di-custom dengan foto, gambar, tulisan apa saja. Dengan harga mulai dari Rp80.000, @sherinshop memiliki pasar yang sudah meluas terutama di kalangan milenial sejak November 2012. (Baca juga: Ini Alasan Industri Benang Jahit Tetap Kokoh di Tengah Pandemi)

Hanya menggunakan media sosial untuk berjualan, dan tanpa modal 1 rupiah pun, Sherin memulai @sherinshop dengan niat iseng tanpa ada tujuan tertentu. (Baca juga: Jam Tangan Mewah dengan Teknologi Terkini)

“Aku mulai @sherinshop tuh murni hanya iseng untuk mengisi waktu luang. Selain kuliah dan kerja freelance di salah satu perusahaan iklan, kebetulan kuliah di FKM UI mengambil kelas ekstensi sehingga perkuliahan dijadwalkan pada sore hari,” ucap wanita berusia 29 tahun ini.



Ketertarikan pada fashion aksesoris sejak remaja membuat Sherin yakin bahwa produk fashion akan selalu berkembang, sehingga @sherinshop yang dimulai pada tahun 2012 dengan modal Rp0 bisa berkembang sampai saat ini.

“Awalnya aku berjualan hanya via BlackBerry Messanger…hahaha jadul banget ya. Lalu tiba-tiba di Desember 2012 dapat orderan ekspor ke Malaysia sebanyak 120 pcs jam tangan custom dengan desain yang dipilih oleh customer. Puji Tuhan bisa beli gadget terbaru dengan tujuan untuk berjualan di instagram. Untuk produksi aku dibantu oleh rekanku dulu dia tetanggaku di kost. Ia sangat baik dan tidak pelit ilmu. Sementara untuk marketing strategi, @sherinshop sudah akrab dengan endorsement, kami bekerjasama dengan artis atau selebgram sejak tahun 2013. Dulu tuh awalnya endorse itu gratis hehehe..," cerita Sherin.

Sherin mengaku dirinya hanya mengirimkan produk saja ke artis, lalu artis meng-upload di-instagramnya sehingga fans-fans atau followers artis tersebut secara langsung dapat melihat produk yang dipakai oleh artis tersebut.



"Kalau sekarang kan endorse berbayar, ya tidak masalah selagi kami bisa memanage budget endorse dengan baik. Intinya endorse tujuannya sebagai investasi branding, dan tentunya lebih murah dibanding iklan di TV,” kata Sherin.
halaman ke-1 dari 2
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top