Penyelundupan Sabu Dalam Bakso Gagal, 1 Napi Lapas Sukamiskin Diamankan

loading...
Penyelundupan Sabu Dalam Bakso Gagal, 1 Napi Lapas Sukamiskin Diamankan
Lapas Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Kota Bandung. Foto/SINDOnews/Dok
A+ A-
BANDUNG - Petugas Lapas Sukamiskin menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu ke dalam lapas khusus yang berlokasi di Jalan AH Nasution, Kota Bandung tersebut. Sabu-sabu yang coba diselundupkan itu disembunyikan di dalam bakso.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jawa Barat Abdul Aris mengatakan, upaya penyelundupan itu terjadi pada Selasa (15/9) malam sekitar pukul 19.45 WIB. (BACA JUGA: Gerebek Pesta DJ di Vila Ciwidey, Polisi Amankan 48 Orang)

Kronologi kejadian berawal ketika petugas mendapat kiriman makanan dua bungkus bakso dari seorang pengantar untuk warga binaan pemasyarakatan (WBP) atau narapidana Nurfajar. (BACA JUGA: Pascapenikaman Syekh Ali Jaber, Polda Jabar Siap Beri Pengamanan Ekstra kepada Ulama)

Nurfajar, kata Abdul Aris, kemudian datang untuk mengambil bakso tersebut. Namun sebelum diberikan, petugas memeriksa dulu makanan itu dengan disaksikan WBP Nurfajar. Sebab petugas mencurigai ada barang terlarang dalam kemasan bakso itu. (BACA JUGA: Eks Bupati Indramayu Supendi Terpapar Corona, Diisolasi di Lapas Sukamiskin)

Kepala pengamanan Lapas Sukamiskin pun ikut memeriksa bungsan makanan tersebut. Setelah bungkusan bakso dibuka, petugas menemukan barang terlarang diduga kuat narkoba jenis sabu di dalamnya.



"Tiga paket plastik kecil berisi serbuk putih diduga narkotika jenis sabu-sabu di dalam bungkusan bakso tersebut," kata Abdul Aris dalam keterangan tertulis, Rabu (16/9/2020).

Pascatemuan tersebut, ujar Abdul Aris, petugas lalu melakukan penggeledahan ke sel milik napi Nurfajar. "Namun petugas tidak menemukan barang mencurigakan yang berkaitan dengan temuan tersebut (paket diduga narkoba dalam bungkus sabu)," ujar Abdul Aris.

Kadiv Pas Kanwil Kemenkumham Jabar menuturkan, untuk penanganan selanjutnya terkait temuan narkoba itu, petugas Lapas Sukamiskin berkoordinasi dengan Badan Narkotika Nasional Kota Bandung.

Barang bukti saat ini sudah dibawa petugas BNN untuk ditindaklanjuti. "Kami lakukan penyerahan barang bukti dan WBP yang terindikasi terlibat dalam upaya percobaan penyelundupan narkotika ke BNN Kota Bandung," pungkas Kadiv Pas.
(awd)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top