Kemendag Dorong Pemda Maksimalkan Produk Lokal untuk Orientasi Ekspor

Minggu, 13 September 2020 - 14:49 WIB
loading...
Kemendag Dorong Pemda Maksimalkan Produk Lokal untuk Orientasi Ekspor
Kemendag mendorong pemerintah daerah maksimalkan produk lokal untuk ekspor.Foto/ist
A A A
BANDUNG - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong pemerintah daerah bisa memaksimalkan potensi daerahnya untuk meningkatkan ekspor . Sejauh ini, banyak potensi daerah yang tidak kalah menarik, namun belum tergarap secara maksimal.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan, daerah pada dasarnya memiliki potensi luar biasa besar. Beberapa produknya pun sebenarnya layak menjadi komoditas ekspor.

"Misalnya Kota Cimahi, sebenarnya banyak kreativitas dan inovasi yang luar biasa, terutama pada produk teknologi seperti simulator games. Ini bisa menjadi proyek percontohan untuk ekspor," jelas dia.

Produk simulator games, kata dia, bisa terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik dan internasional. Beberapa daerahnya lainnya, bisa mengikuti langkah Kota Cimahi mengembangkan produk unggulan hasil pengembangan Cimahi Tekhnopark.

"Pengembangan potensi ekspor, seusai dengan harapan presiden agar kita bisa menciptakan perdagangan surplus, yaitu volume kspor lebih besar dari impor. Walaupun sekarang sudah surplus USD8,75 USD. Ini yang terus kami dorong," beber dia.

(Baca juga: Usai Bertengkar, Pria di Banjar Nekat Bakar Rumah Pacar )

Menurut dia, kunjungannya ke Cimahi Tekhnopark tak lepas dari upaya pemerintah untuk menjajaki dan menampung potensi daerah. Sehingga pemerintah pusat dan daerah bisa bersama mengembangkan potensi ekonomi dan SDM.

Lebih lanjut Jerry mengatakan, pemerintah pusat juga terus menggenjot kerja sama perdagangan internasional dengan banyak negara. Apalagi pada kondisi pandemi ini, banyak negara terdampak. Sehingga peluang ekspor sekecil apapun bisa dimanfaatkan.

"Kami punya 40 lebih atase pedagang an di luar negeri, ada di 30 negara. Mereka inilah ujung tombak kita untuk meningkatkan perdagangan di luar negeri. Mereka menjadi ujung tombak mempertemukan potensi di dalam dan luar negeri," imbuh dia.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)