Jateng Siapkan Antisipasi jika Jakarta Kembali Terapkan PSBB Jilid II

Minggu, 13 September 2020 - 07:56 WIB
loading...
Jateng Siapkan Antisipasi jika Jakarta Kembali Terapkan PSBB Jilid II
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah menyiapkan segala antisipasi DKI Jakarta kembali menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) jilid dua pada Senin 14 September 2020. (Foto/SINDOnews/Dok)
A A A
SEMARANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah menyiapkan segala antisipasi DKI Jakarta kembali menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) jilid dua pada Senin 14 September 2020.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyatakan, sampai saat ini pihaknya terus berkomunikasi aktif dengan Pemda DKI Jakarta dan Pemerintah Pusat terkait rencana itu.

"Kami komunikasi terus saat ini, dengan DKI kemarin pak Sekda sudah komunikasi, Dishub dan Dinsos juga sudah komunikasi. Kami proaktif karena kami mencoba untuk menyiapkan antisipasi-antisipasinya," kata Ganjar, Sabtu (12/9/2020) malam.

Komunikas aktif tersebut, ungkap Ganjar dilakukan agar saat pelaksanaan PSBB DKI Jakarta, Jawa Tengah sudah siap. Seperti apakah Jakarta akan menutup rapat daerah itu, adakah pekerjaan yang kira-kira warga Jawa Tengah terdampak dan lain sebagainya. (BACA JUGA: Pemkot Solo Dorong Sentra IKM Gairahkan UMKM Kreatif)

"Kami siap-siap, apakah ada gelombang pemudik, Dishub kami minta siaga. Sudah dapat bocorannya, bahwa tidak ada surat keluar masuk, hanya checking suhu dan tidak semuanya ditutup. Meskipun ini belum putus, tapi setidaknya komunikasi awal dengan Pemda DKI Jakarta sampai sejauh ini berjalan lancar," terangnya.

Pihaknya juga aktif berkomunikasi dengan pemerintah pusat termasuk dengan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, Satgas Covid-19 pusat dan lainnya. Disampaikannya, dari komunikasi itu diketahui bahwa ada design yang lebih pas yang akan disampaikan.

"Termasuk nasib warga kami yang tidak bisa pulang, apakah akan dicover Jaring Pengaman Sosial (JPS) atau tidak. DKI mengatakan akan menyiapkan dapur umum di setiap RW, silahkan masuk saja dengan KTP. Informasi ini awal yang baik bagi kami," tegasnya.

Intinya, meski belum ada keputusan, Ganjar mengatakan akan terus siaga. Ia juga telah memerintahkan tim teknis untuk terus berkomunikasi aktif terkait rencana ini.

Disinggung terkait kondisi anggaran Jawa Tengah untuk memberikan bantuan kepada warga Jateng di Jabodetabek apabila benar-benar dilakukan PSBB, Ganjar mengatakan bahwa sebenarnya anggaran sudah habis. Sebab, seluruh anggaran sudah dibelanjakan dan APBD Perubahan sudah dilakukan. (BACA JUGA: Akhyar Di-bully HIPMI Sumut, Bobby Langsung Minta Maaf)

"Makanya kenapa kami proaktif tanya dulu ini kepada Pemda DKI dan pusat, agar kita siap-siap. Kita siaga. Maka komunikasi awal menjadi penting," tegasnya.

Ganjar menegaskan bahwa Jawa Tengah tidak menyiapkan anggaran untuk rencana PSBB DKI Jakarta jilid dua ini. Maka, pihaknya meminta kepastian dari Pemda DKI dan Pemerintah Pusat terkait hal itu.
(vit)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2693 seconds (0.1#10.140)