Pemkot Solo Dorong Sentra IKM Gairahkan UMKM Kreatif

Sabtu, 12 September 2020 - 07:36 WIB
loading...
Pemkot Solo Dorong Sentra IKM Gairahkan UMKM Kreatif
Produk yang dipajang di Sentra IKM Semanggi Harmoni di Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Jumat (11/9/2020). Foto/Ist
A A A
SOLO - Pemkot Solo mendorong Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Semanggi Harmoni di Kecamatan Pasar Kliwon dapat menggairahkan industri usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kreatif di wilayahnya.

Fasilitas yang disediakan diharapkan mampu dimanfaatkan maksimal serta menjadi pusat pengembangan industri kreatif.

“Semoga semua fasilitas di IKM Semanggi bisa segera dimanfaatkan para pelaku industri kecil dan menengah di Kota Solo,” tandas Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy) saat meresmikan Gedung Sentra IKM Semanggi Harmoni, Jumat (11/9/2020).

Gedung Sentra IKM berdiri di atas lahan seluas 5.000 meter persegi yang dibangun dengan anggaran Rp23 miliar dalam dua tahap.

Keberadaan IKM Center di Kota Solo, lanjutnya, diharapkan menjadi pendorong industri UMKM kreatif.

Gedung sentra IKM Kreatif yang beralamat di Jalan Sungai Serang I No 20, Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon nantinya, akan menjadi salah satu pusat pengembangan industri kreatif yang menjadi yang tulang punggung pengembangan UMKM di Solo. Wali kota berharap IKM Center bisa dikembangkan lagi karena lahan masih cukup luas.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Solo Ariani Indriastuti menerangkan, IKM Center yang sudah berdiri sejak awal tahun 2019 telah melakukan beberapa kegiatan produksi dan telah menerima kunjungan studi tiru dari berbagai pihak dan daerah.

“IKM telah melakukan berbagai kegiatan produksi dan kunjungan studi komparasi, namun sejak Maret 2020 pada awal Pandemi COVID-19 kegiatan sempat terhenti. Setelah itu, kegiatan aktif kembali mulai 1 Juli 2020," tuturnya. (Baca juga: Selalu Berpihak pada Kaum Miskin, dr Lo Raih Penghargaan MURI)

Sejak berdiri, IKM sudah menjalin kerjasama dengan berbagai UMKM. Khususnya komunitas yang nantinya akan mengisi Sentra IKM Kreatif untuk memajang dan memasarkan karyanya. (Baca juga: Ini Kronologi Klaster COVID-19 Rumah Makan di Semarang)

Gedung Sentra IKM Kreatif, selain befungsi sebagai show room produk-produk industri kreatif, juga menyediakan ruang workshop. Selain itu ada juga bidang pelatihan tentang manajemen maupun penciptaan desain dan produk baru.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)