Di Gedung Sate, Gatot Nurmantyo-Din Syamsuddin Tegaskan KAMI Gerakan Moral

Senin, 07 September 2020 - 16:03 WIB
loading...
Di Gedung Sate, Gatot Nurmantyo-Din Syamsuddin Tegaskan KAMI Gerakan Moral
Prof Dr Din Syamsuddin dan Jend TNI Purn Gatot Nurmantyo saat menyampaikan orasinya di hadapan peserta aksi moral KAMI di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (7/9/2020). Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Jenderal Purn TNI Gatot Nurmantyo dan Prof Dr Din Syamsuddin bersama sejumlah tokoh Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) lainnya menyapa ratusan peserta aksi moral KAMI di depan Gedung Sate , Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (7/9/2020).

Kehadiran Gatot dan Din selepas dzuhur itu disambut hangat ratusan peserta aksi yang sejak pagi hari mendengarkan orasi dari para tokoh KAMI Jabar. Keduanya hadir menyapa peserta aksi setelah menghadiri Deklarasi KAMI Jabar yang digelar secara virtual. (Baca juga: Aksi KAMI di Gedung Sate Ricuh, Massa Usir Kelompok Tandingan)
Di Gedung Sate, Gatot Nurmantyo-Din Syamsuddin Tegaskan KAMI Gerakan Moral

Gatot dan Din juga menyempatkan diri menyampaikan orasi singkatnya. Sambil berdiri di atas mobil komando, Gatot menegaskan bahwa KAMI merupakan gerakan moral yang menjadikan akal dan pikiran sebagai senjatanya. "Ingat, KAMI ini gerakan moral. Kita punya senjata, yakni kekuatan akal manusia Indonesia," ujarnya. (Baca juga: 500 Prajurit TNI Tiba di Papua, Antisipasi Kerawanan di Pegunungan)

Oleh karenanya, Gatot meminta seluruh aktivis dan simpatisan KAMI untuk selalu berbuat santun. Menurut Gatot, jika ada pihak-pihak yang memusuhi KAMI, maka mereka belum mengetahui siapa KAMI.

"Mari kita ajak mahasiswa, dokter, guru, nelayan, dan lainnya, semua menjadi bagian KAMI. Ciri khas KAMI adalah selalu tersenyum karena tersenyum ciri orang yang selalu bersyukur," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Gatot pun menyesalkan gagalnya pelaksanaan Deklarasi KAMI Jabar hingga akhirnya digelar secara virtual. Meski begitu, Gatot menegaskan, upaya penolakan tersebut cukup ditanggapinya dengan senyuman.

"Saya dengan Pak Din Syamsuddin dengan Pak Wahhab (Prof Dr Rochmat Wahhab) ke sini karena saya mendapat laporan bahwa seluruh perwakilan Jabar dan Banten berkumpul dan marah karena (lokasi deklarasi) dipindah-pindah, maka saya disuruh menenangkan di sini," tuturnya.

"Jam tiga sudah datang surat izin dari Gugus Tugas COVID-19, tiba-tiba jam enam dicabut, alhamdulillah, saya tersenyum saja. Mengapa saya tersenyum? karena saya yakin Allah SWT punya rencana lebih baik," tandasnya.

Senada dengan Gatot, Din Syamsuddin pun menegaskan bahwa KAMI merupakan gerakan moral dan terpelajar yang selalu mengedepankan akal dan pikiran dalam perjuangannya.

Dalam kesempatan itu, Din juga menyampaikan selamat atas Deklarasi KAMI Jabar yang dinilainya telah sukses digelar. "Selamat, atas dideklarasikannya KAMI Jabar, ini awal perjuangan untuk menyelamatkan Indonesia," katanya.

Diketahui, pelaksanaan Deklarasi KAMI Jabar yang dijadwalkan digelar hari ini, Senin (7/9/2020) batal digelar di dua lokasi yang sebelumnya direncanakan, yakni di Balai Sartika, Jalan Buah Batu, Kota Bandung dan Hotel Grand Pasundan, Jalan Peta, Kota Bandung.

Setelah mendapat penolakan, Deklarasi KAMI Jabar akhirnya digelar secara virtual di salah satu rumah yang tidak disebutkan alamatnya. Pelaksanaan Deklarasi KAMI Jabar yang digelar virtual itu juga disertai Pidato Kejuangan Menyelamatkan Indonesia oleh Prof Dr Din Syamsuddin MA, Prof Dr Rochmat Wahhab, dan Jend TNI Purn Gatot Nurmantyo.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7578 seconds (0.1#10.140)