Rumah Aspirasi dan OJK Dukung Pengembangan Perkebunan Perkotaan

Minggu, 06 September 2020 - 08:55 WIB
loading...
Rumah Aspirasi dan OJK Dukung Pengembangan Perkebunan Perkotaan
Budidaya jamur di Dusun Sumberan Kelurahan Balasklumprik Kecamatan Wiyung Surabaya. Foto/SINDONews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Di balik pesatnya pertumbuhan gedung dan pengembangan pemukiman di Kota Surabaya , masih ada sekelompok masyarakat yang masih menekuni pertanian. Tepatnya di Dusun Sumberan Kelurahan Balasklumprik Kecamatan Wiyung Surabaya.

Di sana, warga secara mandiri mengelola lahan dan membudidayakan beragam jenis holtikultura seperti jeruk, pisang, jamur, ikan, lombok, tomat, kacang panjang, gambas dan sejenisnya untuk katahanan pangan.

Ketua Kelompok Tani Sumberan Makmur, Suradi mengatakan, terdapat 30 warga yang menggeluti pertanian perkotaan di Dusun Sumberan. Bahkan, perkebunan pribadi milik warga ini rencananya bakal dikembangkan hingga 6 hektar.

Untuk itu, pihaknya terus menjalin kerjasama dengan sejumlah lembaga supaya bisa mengembangkan perkebunan sesuai dengan potensi yang ada di desa. Sedangkan menyangkut komoditas hasil perkebunan, lanjut Suradi, warga sudah berkoordinasi dengan Rumah Aspirasi. "Jika menyangkut komoditas hasil perkebunan, maka kerja sama yang bisa dilakukan adalah rumah aspirasi," ucapnya.

Kerjasama itu untuk mendongkrak dan memperluas jangkauan pemasaran hasil produksi pertanian yang sempat mengalami penurunan akibat dampak pandemi COVID-19.

(Baca juga: Kisah Desa Tertinggal di Gresik yang Jadi Desa Miliarder )

Menurut Bendahara Yayasan Insan Kurnia Peduli, Ade Kunto, sektor perkebunan sangat berperan penting dalam mensukseskan pelaksanaan strategi transformasi ekonomi di Jawa Timur khususnya di Kota Surabaya, dengan penyangga utama ekonomi sektor perkebunan.

Melalui transformasi ekonomi ini diharapkan pembangunan ekonomi Surabaya juga memiliki basis ekonomi pengelolaan sumber daya alam terbarukan. Tentunya dengan menitik beratkan pada upaya peningkatan nilai tambah melalui pengembangan perkebunan.

Ade menyebut, perkebunan memainkan peran yang sangat penting, mengingat perkebunan dan komoditas lainnya menjadi komoditas unggulan penting.

"Potensi perkebunan perkotaan menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan di Surabaya dan terus didorong oleh Rumah Aspirasi dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)," katanya saat sosialisasi mengenai restrukturisasi kredit untuk para pekerja sektor informal yang dihelat Yayasan Insan Kurnia Peduli bersama OJK, Sabtu (05/9).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4105 seconds (0.1#10.140)