Pastikan Pencegahan COVID-19, Moeldoko Blusukan ke Pasar Tangguh

Jum'at, 04 September 2020 - 14:24 WIB
loading...
Pastikan Pencegahan COVID-19, Moeldoko Blusukan ke Pasar Tangguh
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko blusukan ke Pasar Genteng Surabaya. SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko blusukan ke pasar tradisional yang di di Kota Pahlawan dan mencoba langsung mekanisme jual beli di pasar tangguh yang ada di kawasan Genteng, Surabaya , Jumat (4/9/2020).

Saat tiba di Pasar Genteng, Moeldoko sempat meninjau dan mencoba menggunakan nampan yang digunakan oleh pedagang untuk melayani para pembeli. Dengan adanya nampan maka tidak ada sentuhan tangan antara pembeli dan penjual. (Baca juga: Diajak Gabung Gibran, Begini Jawaban Achmad Purnomo)

Termasuk juga tirai plastik yang dipasang di semua lapak pedagang. Selama ini pasar tradisional masih menadi salah satu sektor rentan penularan COVID-19 . “Ini penting agar masyarakat terbiasa dengan kehidupan yang taat asas dan disiplin,” katanya. (Baca juga: 4 Wisatawan Digulung Ombak Pantai Parangtritis, 1 Belum Ditemukan)

Dia melanjutkan, penanganan COVID-19 di Kota Surabaya sudah baik. Upaya testing, tracing, dan treatment menjadi kuncinya. “Tadi testingnya sudah luar biasa, kita ikuti tadi tracingnya juga menggunakan aplikasi yang sangat baik, sehingga semuanya bisa terdeteksi. Bahkan, treatmentnya juga sudah dilakukan dengan baik. Nah, 3T itu sebenarnya memang kewajiban pemerintah,” ungkapnya.

Selanjutnya, katanya, tugas dan kewajiban masyarakat adalah 3M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Menurutnya, jika 3M dan 3T itu berjalan dengan baik, maka dia yakin pengembangan COVID-19 bisa segera diberesi dan cepat hilang dari Indonesia.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menjelaskan, saat ini Pemkot Surabaya sudah bisa mengendalikan penyebaran COVID-19. Buktinya, pertambahan kasus sudah tidak terlalu banyak dan tren kesembuhan terus meningkat setiap harinya. “Alhamdulillah sekarang kami sudah bisa mengendalikan,” katanya.

Risma menambahkan, pihaknya sudah membuat aplikasi untuk mengontrol data pasien COVID-19 hingga tracing yang masif dan detail. “Jadi, melalui aplikasi ini, kami bisa mengontrol data pasien, karena seringkali ada data pasien yang muncul berkali-kali. Kemudian kita melakukan tracing detail, mulai alamatnya, kontak eratnya baik yang satu rumah maupun yang lainnya dan juga tempat kerjanya,” ucapnya.

Selain itu, dia juga memastikan bahwa pihaknya semakin masif melakukan rapid tes dan tes swab massal gratis kepada seluruh lapisan masyarakat. Bahkan, hampir setiap hari pemkot menggelar tes swab di Gelora Pancasila. “Kita terus melakukan tes, termasuk ibu hamil yang kandungannya berusia 37 minggu dan juga semua guru SD dan SMP kita tes,” katanya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1852 seconds (0.1#10.140)