Kisah Pilu Anak Bupati Ponorogo Dihukum Gantung Belanda Gegara Memberontak

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 07:22 WIB
loading...
Kisah Pilu Anak Bupati...
Pacitan Ponorogo menjadi wilayah perlawanan kaum pribumi ke Belanda. Foto/Ilustrasi
A A A
PACITAN Ponorogo menjadi wilayah perlawanan kaum pribumi ke Belanda. Salah satu tokoh yang sempat muncul yakni Raden Wanengsentiko Jayengranan Ponorogo, yang dikenal memiliki kesaktian.

Sosok Raden Wanengsentiko Jayengranan itu konon lahir dari rahim seorang ibu yang tidak diketahui siapa ayahnya. Kemudian sang ibu itu akhirnya dinikahi oleh Tumenggung Jayengrono sebagai selir, yang menjadi Bupati Ponorogo.

Sosok Raden Wanengsentiko Jayengranan dikisahkan memiliki wajah tampan dan tidak memiliki pusar. Bayi itu awalnya bernama Raden Bawan.



Para ahli nujum banyak yang meramalkan, bahwa anak itu kelak luput dari senjata, pemberani, serta akan menjadi tulang punggung wilayah Ponorogo yang mampu menghadapi musuh. Setelah dewasa, Raden Bawan bernama Raden Wanengsentiko.

Dia tajam pikirannya serta suka berolah keprajuritan, kesaktian, dan kanuragan. Gurunya bernama Kiai Sangki, juga dari Jayengranan, sebagaimana dikutip dari “Kisah Brang Wetan: Berdasarkan Babad Alit dan Babade Nagara Pacitan”.

Suatu ketika Wanengsentiko dan Donorejo bersepakat akan memberikan perlawanan ke Belanda. Mereka pergi ke Desa Ngile, wilayah Nglorog, Pacitan, menuju rumah Kiai Wajug. Setibanya di sana, mereka berkata jujur hendak memberontak dan memberikan perlawanan ke Belanda.

Mendengar perkataan Donorejo dan Wanengsentiko, Kiai Wajug senang hatinya dan menyetujuinya, bahkan bersedia menjadi pemimpin. Ketiga orang itu saling mengucurkan air kendi sebagai tanda sehidup semati menjadi pemberontak.



Raden Wanengsentiko dijadikan raja, sedangkan Donorejo dijadikan patihnya. Mereka lantas mempersiapkan pasukan berjumlah 500 orang untuk memberikan perlawanan. Pasukan itu dikumpulkan di Desa Terusan, untuk berkemah dan mempersiapkan serangan.

Lurah Desa Terusan yang mendengar informasi itu lantas melaporkan ke kabupaten dengan menyebut adanya pemberontak. Kemudian Bupati Pacitan Mas Tumenggung Jogokaryo II yang berkoalisi dengan Belanda, akhirnya melaporkan ke Asisten Residen Vriesman.

Residen Vriesman segera memanggil dan mengumpulkan prajurit serta serdadu di alun-alun. Setelah siap, semuanya berangkat dengan dipimpin asisten residen, komandan, dan Mas Tumenggung Jogokaryo II.

Setiba di Desa Terusan, pasukan pun ditata. Ketika tahu ada kedatangan prajurit dan serdadu, pasukan dari Wanengsentiko dan Donorejo bergerak ke puncak gunung dan berselonjor.Pasukan Kompeni mengepung di bawah gunung

Awalnya rayuan agar menyerah disampaikan, tapi hal itu tidak digubris Wanengsentiko, hingga peperangan tak terhindarkan. Pasukan Belanda menembaki serdadu yang dianggap pemberontak itu. Gabungan pasukan dari Belanda dan Pacitan lantas bersama-sama menyerbu musuh.

Alhasil perlawanan dari Wanengsentiko dan Donorejo berhasil diredam. Kedua tokoh itu bersama Kiai Wajug dan Kiai Sangki, yang dianggap menjadi dalang pemberontakan oleh Belanda dihukum gantung dan meninggal.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1882 seconds (0.1#10.140)