Pengaspalan Tol Layang Capai 67%, Akhir Bulan Ditarget Rampung

Jum'at, 21 Agustus 2020 - 07:41 WIB
loading...
Pengaspalan Tol Layang Capai 67%, Akhir Bulan Ditarget Rampung
Proyek pembangunan jalan tol layang di ruas Jalan AP Pettarani Makassar tengah dalam proses pengaspalan. Tahapan ini ditarget rampung pada akhir Agustus mendatang. Foto : SINDOnews/Maman Sukirman
A A A
MAKASSAR - Proyek pembangunan jalan tol layang di ruas Jalan AP Pettarani Makassar tengah dalam proses pengaspalan. Tahapan ini ditarget rampung pada akhir Agustus mendatang. Baca : Ujicoba Pengaspalan Berhasil, Dilanjut Hingga Proyek Tol Pettarani Rampung

Direktur Utama PT Bosowa Marga Nusantara, Anwar Toha menjelaskan, pengerjaan proyek strategis ini tengah memasuki tahap finishing. Secara keseluruhan progres konstruksi tol layang sudah mencapai 88%.

Sementara khusus pengaspalannya, sudah mencapai 67%. Dia merencanakan, tahapan pengaspalan tol layang dengan panjang jalir sekitar 4 kilometer sudah selesai pada 30 Agustus 2020. "Progres tol layang sudah 88% dan pekerjaan aspal sudah 67% yang diperkirakan selesai 30 Agustus 2020," tegas Anwar kepada SINDOnews, kemarin.

Selain pengaspalan, beberapa tahapan perampungan juga dilakukan, seperti parapet, lighting, dan pekerjaan aksesoris jalan lainnya. Dia melanjutkan, dengan rampungnya proses pengaspalan ini, maka diharapkan tol layang sudah bisa difungsionalkan. Rencananya, September mendatang sudah bisa dilalui kendaraan.

Sembari menyelesaikan main road di jalur tol layang, perbaikan untuk jalur bawah di ruas Jalan AP Pettarani pun sementara dilakukan. Dia menargetkan, untuk jalur bawahnya, bisa selesai pembangunan perbaikannya pada Desember 2020. " Tol layang target fungsional September. Khusus jalan existing/bagian bawah pengembalian kondisi jalan ditarget finish bulan Desember 2020," imbuh dia.

Khusus perbaikan jalur bawah dari tol layang , dikerjakan secara bertahap. Untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas saat pengerjaannya, pihaknya akan segera menyusun rekayasa lalu lintasnya. Baca Juga: tol layang Baca Lagi : Pembangunan Rutan Kejati Tunggu Izin Dirjenpas Kemenkumham

Tol Layang AP Pettarani dimulai dari akhir Jalan Tol Seksi II, tepatnya di Persimpangan Jalan Urip Sumoharjo melewati Persimpangan Jalan Boulevard Panakkukang, Jalan Hertasning dan berakhir sebelum Persimpangan Jalan Sultan Alauddin.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XIII Makassar, Muhammad Insal tak menampik, tol layang ditarget fungsional September mendatang. Dia berharap, baik jalur bagian atas dalam hal ini tol layang , maupun jalan bagian bawah bisa bersamaan rampung.

"Rencananya kan akhir September sudah harus mulai dibuka. Jadi kita juga konsentrasi di sana. Kita harapkan sih bangunan atas tol layangnya maupun jalan di bagian bawahnya sama-sama sudah rampung," pungkas Insal.
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1342 seconds (0.1#10.140)