alexametrics

Anak Gajah Terjerat Perangkap Babi di Wilayah Siak

loading...
Anak Gajah Terjerat Perangkap Babi di Wilayah Siak
Tim BBKSDA berupaya menyelamatkan anak gajah yang terluka akibat perangkap babi. Foto/Banda Haruddin Tanjung
A+ A-
PEKANBARU - Seekor anak Gajah Sumatera (Elephas maximus Sumatranus) ditemukan terluka di areal konsesi PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Kabupaten Siak, Riau. Hewan yang dilindungi ini terluka akibat perangkap babi yang dipasang pemburu di areal perusahaan bubur kertas dan kertas milik April grup itu.

Humas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Dian Indriati mengatakan, gajah tersebut ditemukan di wilayah Mandau Kabupaten Siak. Tim BKSDA pun melakukan penyelamatan satwa dilundungi itu.

"Gajah yang terjerat usianya muda. Anak gajah itu di kebun sekitar areal konsesi HTI (Hutan Tanaman Industri) PT RAPP," ucap Dian Indriati Jumat (14/9/2019).



Penyelamatan satwa yang kini terancam punah itu dilakukan setelah tim BBKSDA mendapat informasi kalau ada gajah yang tidak berdaya karena terkena jeratan babi. Penyelamatan tidak mudah karena anak gajah selalu dikelilingi oleh kawanannya.

Namun tidak sekitar dua pekan, anak gajah tersebut ditinggal kelompoknya. Anak gajah tersebut hanya bisa berputar-putar saja di lokasi itu.

Tim kemudian berhasil melepaskan jeratan babi yang mengenai bagian kaki kanan. Usai melakukan melakukan pengobatan pada kaki kanan anak gajah yang terluka itu.

"Setelah pengobatan, anak gajah dilepaskan kembali di lokasi semula dengan harapan dapat bergabung dengan kelompoknya," imbuhnya.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak