Memilukan, Anak Gajah di Riau Mati Terjerat Tali Nilon

Rabu, 29 November 2023 - 07:18 WIB
loading...
Memilukan, Anak Gajah di Riau Mati Terjerat Tali Nilon
Seekor gajah liar kembali ditemukan mati terjerat jebakan tali nilon di Kabupaten Pelalawan, Riau. Foto/Ist
A A A
PEKANBARU - Seekor gajah (Elephas Maximus Sumatranus) liar kembali ditemukan mati di Kabupaten Pelalawan, Riau. Hewan berbelalai yang itu mati berjenis kelamin jantan dan usianya diperkirakan masih dua tahun alias masih gajah anakan.

Gajah ini merupakan salah satu kelompok penghuni Taman Nasional Tesso Nilo di Pelalawan. Saat ditemukan terdapat luka parah pada kaki gajah yang menyebabkan infeksi dan akhirnya harus menghembuskan napas terakhir.



"Gajah yang mati itu diperkirakan berusia 2 tahun dan memiliki bobot 500 Kg. Dia merupakan gajah Tesso Tenggara," kata Kepala Teknis Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Ujanng Holsudin Selasa (28/11/2023).



Dari hasil pemeriksaan, bahwa gajah jantan itu mengalami luka serius pada kaki kanan depan akibat tali nilon. Diduga tali nilon ini milik penjerat.

"Luka pada bagian kaki gajah itu akibat tali nilon. Lilitan nilon diperirakan sudah lama sehingga menyebabkan sehingga membuat luka sangat dalam sehingga menyisakan persendian," ucapnya,

Apakah tali nilon itu sengaja dipasangan oleh pemburu, Ujang tidak bisa memastikan. Namun dugaan kuat itu memang tali nilon jebakan untuk menangkap hewan.



"Tapi bisanya kalau tali nilon ini tidak untuk gajah. Biasanya untuk binatang lain mungkin," tukasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)