Sambut Prabowo di Malang, Koalisi Masyarakat Sipil Kecam Langkah Inkonstitusional Jokowi

Kamis, 01 Februari 2024 - 20:03 WIB
loading...
Sambut Prabowo di Malang, Koalisi Masyarakat Sipil Kecam Langkah Inkonstitusional Jokowi
Koalisi Masyarakat Sipil berdemo mengecam langkah inkonstitusional Presiden Joko Widodo di depan Balai Kota Malang, Kamis (1/2/2024) sore. Foto/MPI/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Koalisi Masyarakat Sipil Malang menyebut pasangan calon (Paslon) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tidak layak dipilih oleh masyarakat. Sebab keduanya lolos sebagai calon peserta Pilihan Presiden (Pilpres), dari jalur yang inkonstitusional.

Hal inilah yang membuat Koalisi Masyarakat Sipil, akhirnya turun ke jalan bersama komunitas Aksi Kamisan, berdemonstrasi di depan Balai Kota Malang, Kamis (1/2/2024) sore. Aksi demonstrasi ini bersamaan dengan kampanye terbuka Partai Demokrat, yang dihadiri oleh Prabowo Subianto.

Saat demonstrasi berlangsung, Prabowo Subianto tengah menghadiri kegiatan kampanye di Stadion Gajayana, Malang, sekitar satu kilometer dari lokasi demonstrasi. Bahkan rombongan peserta kampanye terbuka Partai Demokrat, juga sempat melintasi lokasi demonstrasi Koalisi Masyarakat Sipil.



"Gibran tidak layak menjadi Calon Wakil Presiden karena lahir dari proses yang merusak etika kehidupan bangsa dan tidak konstitusional. Pencalonan Gibran menginjak-injak akal sehat kita dalam berbangsa dan bernegara serta mengingkari konstitusi," kata Daniel Siagian, perwakilan Koalisi Masyarakat Sipil.

Daniel mewakili Koalisi Masyarakat Sipil menjelaskan, langkah majunya Gibran Rakabuming sarat akan kepentingan kekuasaan. Apalagi proses yang dilalui dengan mengubah konstitusi di Mahkamah Konstitusi (MK), yang sempat diketuai oleh Anwar Usman, paman dari Gibran Rakabuming Raka.

Bagi Koalisi Masyarakat Sipil, keputusan tetap majunya Gibran Rakabuming Raka, sebagai calon wakil presiden (Cawapres) menunjukkan kekuasaan Presiden Joko Widodo, keluarga, dan kroni-kroninya, yang membajak lembaga negara setingkat MK. "Mereka tidak lagi peduli etika dan prinsip -prinsip dasar dalam Konstitusi Negara," pungkasnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2060 seconds (0.1#10.140)