Tukang Rongsokan Temukan Puluhan Butir Amunisi di Sanden Bantul

Rabu, 29 November 2023 - 16:47 WIB
loading...
Tukang Rongsokan Temukan Puluhan Butir Amunisi di Sanden Bantul
Penampakan puluhan butir amunisi dan magazine yang ditemukan di gudang rumah milik warga Sanden, Bantul. Foto/Istimewa
A A A
BANTUL - Sebanyak 99 butir amunisi berbagai ukuran ditemukan di sebuah gudang rumah milik warga Dusun Tegalrejo, Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden, Bantul . Puluhan amunisi tersebut pertama kali ditemukan oleh seorang tukang rongsokan bernama Slamet Hariyadi.

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan, amunisi tersebut ditemukan di gudang rumah milik Indun Wiriyanti warga setempat pada Selasa (28/11/2023). Awalnya, pemilik rumah meminta salah seorang warga yang bekerja sebagai pengepul barang bekas (rosok) untuk membersihkan gudang di rumahnya.

"Lalu sekira pukul 17.00 WIB, pengepul rosok yakni Slamet Hariyadi mulai membersihkan gudang," kata Jeffry, Rabu (29/11/2023).

Lanjut Jeffry, saat mengumpulkan barang bekas, Slamet menemukan kaos kaki, namun terasa berat saat diangkat. Kemudian, ia membuka dan mengeluarkan benda yang ada di dalam kaos kaki tersebut.



"Saat dikeluarkan ternyata ada puluhan amunisi lengkap dengan magazine (wadah amunisi)," katanya.

Slamet kemudian memberitahukan kepada pemilik rumah. Namun, karena takut, pemilik rumah menyerahkan amunisi tersebut untuk dibawa oleh Slamet. Amunisi itu kemudian dibawa pulang oleh Slamet ke rumahnya di bersama barang rosok lainnya.

Kemudian, sehari setelahnya, tepatnya Rabu (29/11/2023) Slamet menginformasikan temuannya itu ke petugas Koramil di tempat tinggalnya di wilayah Kapanewon Jetis, yang kemudian diteruskan ke Polsek Sanden.

Petugas yang menerima amunisi tersebut pun kemudian melakukan identifikasi. Adapun, dari hasil identifikasi terdapat 87 butir amunisi kaliber 9 mm dan 1 butir kaliber 38 mm, serta satu buah magazen berisi 11 butir amunisi berkaliber 9mm.

Jeffry menyebutkan bahwa dari hasil pemeriksaan, puluhan peluru tersebut diduga milik almarhum ayah dari pemilik rumah yang diketahui merupakan seorang pensiunan polisi.

"selanjutnya untuk keamanan amunisi diserahkan dan di bawa ke unit Kamneg Sat Intelkam Polres Bantul," katanya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1075 seconds (0.1#10.140)