5 Fakta Wafatnya Pangeran Diponegoro, Diasingkan hingga Meninggal dalam Benteng

Sabtu, 18 November 2023 - 13:07 WIB
loading...
5 Fakta Wafatnya Pangeran Diponegoro, Diasingkan hingga Meninggal dalam Benteng
Pangeran Diponegoro sempat ditangkap dan diasingkan Belanda sebelum wafat. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Pangeran Diponegoro merupakan salah satu tokoh pahlawan nasional yang berperan penting dalam perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan Belanda. Ia dikenal sebagai seorang kesatria pemberani yang lahir di tanah Jawa.

Pangeran Diponegoro adalah putra sulung Sultan Hamengkubuwana III, raja Kesultanan Mataram yang berpusat di Yogyakarta. Ia lahir pada tahun 1785 dengan nama Raden Mas Mustahar.

Sebagai seorang kesatria, putra kesultanan Mataram ini sangat tegar dalam menghadapi gejolak pertempuran dengan penjajah. Bahkan hingga akhir hayatnya, ia terus berjuang bagi kedaulatan bangsa Indonesia.

Berikut lima fakta wafatnya Pangeran Diponegoro yang menarik diketahui.

Fakta Wafatnya Pangeran Diponegoro


1. Ditangkap oleh Belanda


Pangeran Diponegoro ditangkap oleh Belanda pada 28 Maret 1830. Penangkapan tersebut terjadi saat ia datang ke Magelang untuk melakukan perundingan damai dengan Jenderal De Kock.



Ia menyerahkan diri dengan syarat sisa anggota laskarnya dilepaskan. Namun, Belanda tidak menghormati janjinya. Belanda malah membawa Pangeran Diponegoro menuju Batavia sebagai tahanan politik.

2. Diasingkan ke Pulau Sulawesi


Pangeran Diponegoro kemudian diasingkan ke Manado, lalu ke Makassar Sulawesi Selatan. Ketika sampai di Makassar, ia ditahan di Benteng Rotterdam yang terkenal sangat ketat.

Ia ditempatkan di sebuah ruangan yang sempit dan gelap, tanpa jendela dan ventilasi. Pangeran Diponegoro juga dilarang berkomunikasi dengan siapa pun, kecuali para pengawal karena ia berasal dari kalangan kerajaan.

3. Menulis Karya Sastra hingga Akhir Hayatnya


Selama di Makassar, Pangeran Diponegoro tetap menjalankan ibadah dan puasa dengan tekun. Pada tahun 1938, ia tidak hanya berdiam diri menunggu ajalnya saja, tetapi beralih menjadi seorang penulis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)