Indonesia Raih Dua Medali Emas dan Tiga Perak di IPhO 2017

Minggu, 23 Juli 2017 - 16:19 WIB
Indonesia Raih Dua Medali Emas dan Tiga Perak di IPhO 2017
Indonesia Raih Dua Medali Emas dan Tiga Perak di IPhO 2017
A A A
YOGYAKARTA - Tim Indonesia berhasil mendulang dua medali emas dan tiga perunggu dalam ajang International Physics Olimpiad (IPhO) 2017 ke-48 di Yogyakarta sejak 16 Juli sampai Minggu (24/7) kemarin.

Peserta asal Jepang Akihiro Watanabe menjadi yang terbaik. Dia mendapatkan medali emas, dan penghargaan terbaik untuk test eksperimen dan absolute winner.

Dua medali emas Indonesia diraih oleh Ferris Prima Nugraha dan Gerry Windiarto Muhammad Dunda. Sedangkan tiga perak diraih Bonfilio Nainggolan, Faizal Husni dan Fikri Makarim Soesrianto.

“Ini sangat memuaskan sesuai target saya,” jelas Gerry, usai menerima medali.

Target meraih medali ini, kata Gerry sudah dicanangkan sejak awal. Sebelumnya dia mengikuti pelatihan selama tiga bulan. Dalam pelatihan inilah setiap hari dilatih untuk mengerjakan soal. “Soal dalam pelatihan lebih susah dari tes ini,” jelasnya.

Kepuasan mendapatkan medali juga disampaikan oleh Ferris. Menurutnya, untuk mengikuti IPHO butuh kesiapan mental. Sebab dalam melaksanakan ujian dari waktu lima jam yang disediakan, terasa kurang. “Saya sangat puas dengan hasil ini,” ujar Ferris.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4658 seconds (0.1#10.140)