Universitas Amikom Yogyakarta Raih Bintang 5 Employability QS Star

Jum'at, 17 Juli 2020 - 17:07 WIB
loading...
Universitas Amikom Yogyakarta Raih Bintang 5 Employability QS Star
Rektor Universitas Amikom Yogyakarta Prof M Suyanto (kanan atas) bersama jajaran Amikom saat penyerahan bintang tiga QS star dan bintang lima Employability QS star secara virtual, Jumat (17/7/2020). FOTO : IST
A A A
YOGYAKARTA - Universitas Amikom Yogyakarta meraih bintang tiga QS star dan bintang lima dalam Employability QS Star. Hal itu dikarenakan lulusan Amikom banyak terserap di dunia profesional dan bisnis. Direktur QS Asia Tenggara, E Way Chong menyerahkan langsung penghargaan tersebut secara virtual, Jumat (17/7/2020).

Ketua Team Task Force QS Star, Ferry Wahyu Wibowo menjelaskan bagaimana proses mendapatkan penghargaan itu. Awalnya Amikom berkirim pesan langsung dengan Direktur QS Asia Tenggara, E Way Chong dan mendapat jawaban melalui email dari QS pusat untuk jadwal pengiriman dokumen QS agar bisa muncul di tahun 2020 dan waktunya hanya tingga 1,5 bulan untuk persiapan dokumen.

Amikom segara melakukan koordinasi dengan banyak pihak guna mengumpulkan data yang diperlukan dan meski di tengan pandemi corona dan work from home (WFH_ tidak sampai 1,5 bulan semua dokumen berhasil dikumpulkan dan dikirimkan.

"Kita menggunakan instrumen metodologi QS versi 5, ini versi yang terakhir. Dimungkinkan akan berubah lagi metodologi untuk QS," katanya, Jumat (7/7/2020).

Akhirnya, hasil evaluasi mengumumkan Universitas Amikom Yogyakarta mendapat bintang tiga dari QS dengan rating bintang maksimal lima. Penilaian terdiri dari teaching (3), employability (5), academic development (4). Lalu, facilities (4), innovation (3), arts and culture (3) dan program strength (3).

“Hal yang menggembirakan civitas akademika Universitas Amikom Yogyakarta tentu dalam kategori employability mendapat bintang lima dari QS,” terangnya.

Fery menjelaskan gambaran ini menunjukkan alumni-alumni Amikom yang mendapatkan pekerjaan atau memilih wirausaha setelah lulus sangat tinggi. Untuk itu berharap, ke depan hasil yang dicapai saat ini lebih ditingkatkan dan perlu dibenahi. Sehingga semakin mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional. “Tentunya ini membutuhkan soliditas tim untuk membangun bersama," harapnya.

Wakil Rektor IV Universitas Amikom Yogyakarta Bidang Kerjasama dan pengembangan, Arief Setyanto menambahkan capaian ini bukan akhir melainkan awal untuk meningkatkan prestasi dari peningkatan terus menerus menuju Amikom sebagai perguruan tinggi yang unggul dan baik di masa depan.

Assesmen dari QS memberikan guidance bagi Amikom untuk memperbaiki kekurangan kekurangannya dan meningkatkan keunggulannya secara konsisten dan persisten. “Mulai saat ini kami mencanangkan perbaikan dalam berbagai bidang menuju perguruan tinggi unggul,” tambahnya.(Baca juga : Pandemi Corona, Lulusan Amikom Tangkap Peluang Usaha Sewa Laptop )

Hal yang sama diungkapkan rektor Universitas Amikom Yogyakarta, Prof M Suyanto. Menurutnya ini merupakan capaian yang luar biasa dan sebagai langkah awal dari visi Amikom menjadi perguruan tinggi unggulan dunia dalam bidang ekonomi kreatif berbasis kewirausahaan yang menebar kebajikan.

“Kami bersyukur atas raihan ini. Sehingga optimistis dapat mewujudkan Universitas Amikom Yogyakarta sebagai perguruan tinggi unggul,” ungkapnya.(Baca juga : Dosen AMIKOM Salah Satu Peneliti Terbaik di Wilayah V Yogyakarta )
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4061 seconds (0.1#10.140)