Marten Taha Apresiasi Tingginya Animo Warga Berkurban

Selasa, 04 Agustus 2020 - 12:12 WIB
loading...
Marten Taha Apresiasi Tingginya Animo Warga Berkurban
Wali Kota Gorontalo Marten Taha menyembelih hewan kurban.
A A A
KOTA GORONTALO - Pandemi Covid-19 serta bencana banjir yang melanda tak menyurutkan animo warga Kota Gorontalo untuk berkurban saat perayaan hari Raya Idhul Adha. Antusiasme masyarakat itu seakan memaknai pentingnya melaksanakan tuntunan agama.

”Alhamdulillah Idhul Adha tahun ini antusias masyarakat untuk berkurban masih cukup tinggi, ada 1.290 sapi dan 39 ekor kambing yang terdata pada kami. Namun diprediksi jumlah itu ada ketambahan riil di lapangan, karena hingga Minggu (2/8/2020) masih ada juga yang melaksanakan penyembelihan hewan kurban. Terima kasih, dan saya sangat mengapresiasi,” ungkap Wali Kota Gorontalo Marten Taha saat menggelar penyembelihan hewan kurban di kediaman pribadinya, Kelurahan Huangobotu, Minggu (2/8/2020).

Sebelumnya, Marten telah meminta kepada penyelenggara kurban untuk penyembelihan hewan agar tidak digelar secara serentak. Melainkan secara bergilir menghindari terjadinya perkumpulan orang yang berpotensi penularan virus korona.

Meski menghadapi bencana, ia berharap hikmah Idhul Adha tetap melekat dalam diri kaum muslimin. Karena menurutnya ujian dan cobaan tidak pernah lepas dalam perjalanan hidup manusia, dan di situlah esensi keikhlasan dan ketakwaan seorang hamba.

“Esensi Idhul Adha adalah keikhlasan dan ketakwaan seorang hamba menjalankan perintah Allah, sebagaimana yang dicontohkan Nabi Ibrahim bersama Putranya Ismail,” ujar Marten.

Tahun ini Marten secara pribadi ikut melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebanyak tiga ekor sapi. Daging sapi akan dibagikan kepada warga kurang mampu. ”Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, lebaran tahun ini masih diberikan kesempatan untuk bisa berkurban dan berbagi kepada sesama,” imbuh Marten.

Dia mengajak kaum muslimin, menjadikan Idhul Adha sebagai momentum untuk kontemplasi diri pada tuntunan syariat agama. Sembari berdoa meminta perlindungan dan dijauhkan dari berbagai bala dan bencana.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.8882 seconds (0.1#10.140)