Cegah DBD, Pemko Pematang Siantar Galakkan 3M Plus dan Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik

Rabu, 04 Oktober 2023 - 14:22 WIB
loading...
A A A
Nyamuk demam berdarah, menurut Irma Suryani, harus diberantas dengan menguras bak mandi minimal sekali seminggu, menutup penampungan air, dan memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas.

"Plusnya, mencegah gigitan nyamuk dengan penggunaan cairan anti nyamuk, memberantas jentik nyamuk dengan larvasida di genangan air, dan menanam tanaman pengusir nyamuk," ujarnya.

Cegah DBD, Pemko Pematang Siantar Galakkan 3M Plus dan Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik

Proses fogging fokus disejumlah desa dalam upaya pemberantasan sebaran nyamuk demam berdarah. (Foto: Pemko Pematang Siantar)

Selanjutnya, diungkapkan Irma, upaya memberantas sebaran nyamuk demam berdarah, dapat dilakukan jika rasa kebersamaan dapat diwujudkan jika masyarakat tidak mengabaikan 3M plus. Kemudian, bagaimana membangun kerja sama di tingkat kelurahan dalam hal menggalakkan program "Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik (G1R1J)."

"Dengan memberdayakan peran serta masyarakat melalui peran anggota keluarga sebagai juru pantau jentik (Jumantik) di dalam dan sekitar rumah, adalah upaya dalam memutus pertumbuhan aedes aegypty. Membunuh jentik-jentik nyamuk akan menjadi penyelesaian masalah penularan demam berdarah," tutur Irma.

Diterangkannya, bahwa sebaran penularan yang dibawa nyamuk demam berdarah adalah di radius 100 meter dari titik berkembangnya nyamuk aedes aegypty.

Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar bersama-sama dengan lintas program, lintas sektor, elemen terkait dan masyarakat telah mensukseskan program pencegahan dan penanggulangan DBD, di antaranya terbentuknya Tim Pokjanal DBD/G1R1J tingkat kelurahan, mengaktifkan G1R1J tingkat kelurahan, melakukan PSN 3M plus, survey jentik/pemantauan jentik berkala dan lainnya.

Mengenal Infeksi Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah merupakan penyakit infeksi virus yang disebabkan virus dengue yang ditandai demam 2-7 hari dengan manifestasi pendarahan, penurunan trombosit, yang disertai nyeri kepala, nyeri otot dan tulang, ruam kulit atau nyeri belakang bola mata.

Penyakit ini dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes yang mengandung virus dengue terdiri dari Den 1, Den 2, Den 3 dan Den 4.

Tempat perkembangbiakan nyamuk aedes aegypty pada tempat-tempat penampungan air berupa genangan air bersih yang tertampung di suatu tempat, seperti bejana, drum, tangki air, bak mandi, tempayan, ember, vas bunga, botol, plastik bekas minuman, dan lainnya.

Irma Suryani menyampaikan pesan agar seluruh lapisan masyarakat Kota Pematang Siantar agar tidak mengabaikan Gerakan 3M Plus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1062 seconds (0.1#10.140)