Sejarah Singkat Samudra Pasai: Lokasi, Daftar Raja, Kejayaan, Keruntuhan, dan Peninggalannya

Senin, 02 Oktober 2023 - 13:49 WIB
loading...
A A A
Salah satu pencapaian terbesar Samudra Pasai adalah penyebaran agama Islam di wilayah Nusantara melalui hubungan perdagangannya. Sebab Sultan Zainal Abidin secara khusus memainkan peran penting dalam pengislaman wilayah tersebut.

Samudra Pasai juga menjadi pusat pendidikan Islam pada masanya. Kepemimpinan kerajaan ini mempromosikan pembelajaran Islam, yang menghasilkan banyak ulama dan cendekiawan.



Meskipun masa kejayaan Samudra Pasai berlangsung pada abad ke-14, kerajaan ini kemudian mengalami kemunduran pada akhir abad ke-15 karena persaingan dengan Kesultanan Malaka yang semakin kuat di selatan dan perubahan dalam jalur perdagangan dunia.

Masa Keruntuhan Samudra Pasai


Salah satu faktor utama keruntuhan Samudra Pasai pada akhir abad ke-15 hingga awal abad ke-16 adalah persaingan dengan Kesultanan Malaka yang semakin kuat.

Malaka berhasil untuk mengendalikan perdagangan di Selat Malaka, yang sebelumnya menjadi salah satu sumber utama pendapatan bagi Samudra Pasai. Dari situ Malaka menjelma menjadi pusat perdagangan yang lebih dominan di wilayah tersebut.

Selain persaingan dengan Malaka, perubahan dalam jalur perdagangan dunia juga berdampak negatif pada Samudra Pasai. Jalur perdagangan saat itu telah berpindah dari Selat Malaka ke wilayah lain, seperti pesisir barat Sumatra dan pesisir utara Jawa. Hal ini mengakibatkan penurunan pendapatan kerajaan dari perdagangan.

Samudra Pasai juga menghadapi serangan asing yang memperburuk situasi. Misalnya, pada tahun 1511, Portugis menyerbu dan menaklukkan Malaka, yang kemudian menyebabkan ketidakstabilan di wilayah tersebut.

Hingga pada akhirnya pada awal abad ke-16, Kesultanan Aceh yang semakin kuat berhasil menaklukkan Samudra Pasai.

Peninggalan Samudra Pasai


Terdapat beberapa peninggalan Samudra Pasai, mulai dari makam hingga relief.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.5168 seconds (0.1#10.140)