Resmi Dibuka, RS Siloam Ambon Dukung Pemda Tangani COVID-19

Kamis, 30 Juli 2020 - 13:36 WIB
loading...
Resmi Dibuka, RS Siloam Ambon Dukung Pemda Tangani COVID-19
Resmi dibuka, RS Siloam Ambon dukung Pemda tangani COVID-19. Foto/Ist
A A A
AMBON - Sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah daerah dalam penanganan pandemi, Siloam Hospitals Group, membuka rumah sakit khusus perawatan pasien COVID-19, yaitu Rumah Sakit (RS) Siloam (Siloam Hospitals) Ambon.

Siloam Hospitals Ambon merupakan rumah sakit keempat di jaringan Siloam yang dibuka khusus untuk perawatan pasien COVID-19 setelah sebelumnya membuka Siloam Hospitals Mampang (Jakarta), Kelapa Dua (Tangerang), dan Paal Dua (Manado). (Baca juga: PSBB, Siloam Hospital Luncurkan Layanan Rawat Jalan Online )

Kasus pasien terkonfirmasi COVID-19 setiap hari masih menunjukkan peningkatan. Kondisi ini perlu diwaspadai karena berisiko mengalami lonjakan jika abai dalam pengendalian. Masyarakat, tak hanya di perkotaan tapi juga daerah, tetap perlu menaati protokol kesehatan selama beraktivitas dan bermobilitas agar tidak memunculkan klaster baru penularan.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menyampaikan apresiasi saat meresmikan secara langsung Siloam Hospitals Ambon pada Rabu (29/7). “Keberadaan Siloam Hospitals Ambon akan sangat berkontribusi dalam mengakselerasi langkah-langkah penanganan COVID-19 di Kota Ambon," kata Richard. (Baca juga: Kabur ke Ambon, Pelaku Penipuan dan Penggelapan Akhirnya Ditangkap )

Untuk itu, Pemkot Ambon menyambut baik dan mendukung usaha Siloam Hospitals untuk memutus rantai penularan serta menaikkan tingkat kesembuhan pasien melalui pengalaman, jaringan, kompetensi, dan komitmen untuk keselamatan pasien.

“Kami menyadari bahwa pengendalian kasus COVID-19 tidak bisa hanya terpusat di kawasan perkotaan, tapi juga daerah," kata Deputy President Director Siloam Hospitals Group Caroline Riady.

Siloam Hospitals Ambon akan menunjang pemerintah daerah dalam menangani kasus COVID-19 di Ambon dan sekitarnya, serta memberikan akses lebih mudah bagi masyarakat untuk melakukan deteksi dini COVID-19 melalui skrining awal. "Seluruh Siloam Hospitals yang dikhususkan untuk perawatan COVID-19 merupakan rumah sakit dengan pasien jaminan pemerintah,” kata dia.

Berlokasi di Jalan Sultan Hasanudin Kelurahan Hative Kecil, Kecamatan Sirimau, Siloam Hospitals Ambon dilengkapi sejumlah fasilitas dan pelayanan kesehatan pendukung antara lain ruang ICU, ruang isolasi, CT Scan, kamar operasi, laboratorium, dan farmasi. Dengan seluruh kelengkapan tersebut, rumah sakit ini menyediakan kapasitas 105 tempat tidur bagi pasien terkonfirmasi COVID-19.

Siloam Hospitals Ambon nantinya tak hanya memberikan perawatan dan pengobatan bagi pasien terkonfirmasi COVID-19, tapi juga layanan skrining, pengkajian, hingga diagnostik melalui sejumlah pelayanan tes COVID-19 yang disediakan bagi masyarakat.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3029 seconds (0.1#10.140)