Layanan Ambulans Siloam Hospitals Cirebon Kawal Peserta Cycling De Jabar III

Selasa, 28 Mei 2024 - 14:05 WIB
loading...
Layanan Ambulans Siloam Hospitals Cirebon Kawal Peserta Cycling De Jabar III
Ambulans Siloam Hospitals Cirebon kawal kesehatan peserta Cycling De Jabar III / 2024. Foto/Ist
A A A
CIREBON - Siloam Hospitals Cirebon atau Rumah Sakit (RS) Putera Bahagia Cirebon mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat guna melayani kebutuhan layanan medis untuk 202 atlet sepedadi event Cycling De Jabar 2024. Melalui rute yang menantang, melintang dari titik awal rute utara Cirebon ke SelatanPangandaran sebagai titik finish.

Bekerjasama dengan pihak Dinas Kesehatan Pemprov Jabar, Dinkes Kabupaten dan kota serta Kompas grup, Siloam Hospitals Cirebon (SHCB) menurunkan 1 tim medis yang terdiri dari Dokter, Perawat dan dua asisten layanan yang dilengkapi armada mobil Ambulans tipe tertinggi yang dimiliki pihak RS Putra Bahagia Siloam Cirebon.

“Ini ketiga kalinya Siloam Hospitals diberi kepercayaan untuk mengawal kegiatan bersepeda berskala nasional. Kali ini persiapan yang dilakukan lebih matang, yaitu tim medis yang kami kerahkan memiliki sertifikat ACLS, EMT dan sertifikat ATLS. Mobil ambulans yang kami bawa pun dilengkapi alat resusitasi jantung dan paru dengan monitor dan alat defibrillator, kelengkapan P3K dan obat penunjang, alat bantu nafas dan alat mobilisasi pasien sehingga akan memudahkan jika atlet harus dievakuasi”, tuturdokter Samuel Andika, Residance Medical Officer Emergency Departement SHCB, Minggu (26/05/2024) di Alun kota Pangandaran.

Menurut Samuel Andika, sejumlah obat penunjang yang dibawa disertakan mengikuti jenis olahraga yang dilakukan para atlet, dengan melihat kondisi yang ada pada saat itu pun termasuk obat obatan yang sewaktu waktu dibutuhkan Masyarakat sekitar saat membutuhkan layanan medis.



“Karena ini adalah lomba bersepeda dengan rute jarak jauh yang dilalui dominan berjalur ekstrim maka kami mempersiapkan sejumlah obat, yaitu obat spray untuk keram otot, infus satu set cairan untuk penanggulangan syok dan ada pula obat pacu jantung guna menjaga resiko terjadinya henti jantung”, ungkap dokter Samuel Andika.

Dalam gelaran Cycling De Jabar III, Tim Medis Siloam Hospitals Cirebon menangani enam atlet yang mengalami cidera sepanjang perjalanan.

"Ada yang mengalami cidera akibat jatuh lalu kami tangani hingga dalam kondisi normal. Sebagian peserta lainnya mengalami kram otot dan nyeri. Untuk hal yang fatal, tidak ada. Mungkin karena mereka adalah atlet sehingga stamina mereka secara dominan terjaga dengan baik sehingga hal fatal seperti serangan jantung atau henti jantung mendadak tidak kami temui selama perjalanan, “pungkas dr. Samuel Andika yang ditemani perawat Aziz Alfarizi untuk ikut membantu penanganan kepada atlet yang cidera.

Cycling De Jabar

Event Cycling De Jabar merupakan kegiatan tahunan berskala nasional yang diselengarakan melalui Kerjasama Pemprov jabar, Kompas Grup dan stakeholder lainnya. Adapun dari layanan Kesehatan pada acara tersebut, Siloam Hospitals bahu membahu menjaga keselamatan atlet, panitia dan masyarakat bersama Dinkes Penprov Jabar sebagai Ketua Penanggung jawab Layanan Medis yang turut didukung oleh pihak Dinkes Kabupaten dan kota.

Cycling De Jabar tersaji berkat kolaborasi antara Pemprov Jabar, Kompas, dan sejumlah stakeholder terkait termasuk Siloam Hospitals Grup. Tahun ini event mengangkat tema ‘Sumanget Jawara’ dengan maksud membawa semangat juara bagi para pesepeda sekaligus memperkuat sinergi antar sektor sebagai satu ekosistem.Tidak hanya menjadi wadah bagi para pesepeda untuk meningkatkan prestasi, Cycling de Jabar, juga turut mempromosikan keindahan alam Jawa Barat guna mendukung percepatan ekonomi daerah melaluiwilayah Cirebon, Kuningan, Ciamis, Banjar dan Pangandaran.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2215 seconds (0.1#10.140)
pixels