Kisah Syekh Maulana Ishaq, Wali Utusan Sultan Turki dengan Karamah Ilmu Teleportasi hingga Musnahkan Wabah

Minggu, 30 Juli 2023 - 06:14 WIB
loading...
A A A
Mendengar apa yang disampaikan Bajulsengara, Syekh Maulana Ishaq akhirnya menyanggupi permintaan untuk menyembuhkan Dewi Sekardadu. Namun dia memberikan syarat, jika Dewi Sekardadu sembuh, maka Raja Menak Sembuyu diminta memeluk agama Islam.

Syarat tersebut disanggupi raja, demi kesembuhan putrinya. Setelah memanjatkan doa dan melakukan berbagai upaya, Syekh Maulana Ishaq akhirnya mampu menyembuhkan Dewi Sekardadu dan berhasil melenyapkan wabah mematikan itu dari Kerajaan Blambangan.

Kemudian seluruh janji yang pernah diucapkan Raja Menak Sembuyu, akhirnya direalisasikan dan Dewi Sekardadu dinikahkan dengan Syekh Maulana Ishaq, dan Raja Menak Sembuyu akhirnya memeluk agama Islam.



Sepenggal cerita rakyat itu, berkembang pesat secara lisan di masyarakat Blambangan, yang kini menjadi wilayah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Tak hanya berhasil melenyapkan wabah, kesaktian karamah seorang wali juga menjadi legenda hingga kini.

Diceritakan kala itu, Patih Baju Sengara terperanjat mendengar apa yang dikatakan sang raja, karena sewaktu dia bersama Gunung Gresik rombongannya disuruh berangkat terlebih dahulu oleh Syekh Maulana Ishak untuk segera kembali ke istana kerajaan.

Syeh Maulana Ishaq tidak mempunyai kuda dan hanya berjalan kaki namun mampu datang lebih dahulu dari rombongan mereka dengan cara menggunakan ilmu teloportasi. Hal itu membuat Syekh Maulana Ishaq dikenal bukan orang sembarangan dengan ilmu yang tinggi.

Karena masih belum percaya, jangan-jangan ada orang lain yang mengaku-ngaku sebagai Syekh Maulana Ishaq. Setelah melihat sendiri, sang patih percaya bahwa pria yang bersanding di pelaminan dengan Dewi Sekarda, benar Syekh Maulana Ishaq yang membuat takjub sang patih.

Metode Dakwah Bil-Hikmah

Dalam menyebarkan agama islam, dia mengajarkan cara-cara yang sesuai dengan keadaan sosial budaya yang menjadi kesukaan dari masyarakat pada saat itu. Dalam hal ini metode dakwahnya mengajak masyarakat mengikuti agama Islam secara bijaksana (dakwah bil-hikmah).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)