Kisah Syekh Maulana Ishaq, Wali Utusan Sultan Turki dengan Karamah Ilmu Teleportasi hingga Musnahkan Wabah

Minggu, 30 Juli 2023 - 06:14 WIB
loading...
A A A
Kisah Syekh Maulana Ishaq, Wali Utusan Sultan Turki dengan Karamah Ilmu Teleportasi hingga Musnahkan Wabah


Perjalanannya tak luput dari kisah kesaktiannya melalui karomah sebagai wali allah saat dia berkunjung ke Gresik.

Kedatangannya ke Gresik yang masuk wilayah Kerajaan Blambangan merubah kebiasaan masyarakatnya dan mengislamkannya dengan cara yang tenang dan bijak.

Dikisahkan, kala itu wabah penyakit ‘pageblug’ yang mematikan sedang melanda negeri di Timur Pulau Jawa. Rakyatnya kala itu menderita wabah penyakit yang sangat mematikan tanpa ada seorangpun yang bisa menyembuhkan penyakit ini hingga banyak menewaskan masyarakat Blambangan. Tak hanya rakyat jelata, wabah penyakit ini merebak di Istana Kerajaan Blambangan.



Bahkan, Putri Kerajaan Blambangan Dewi Sekardadu tak luput terkena penyakit mematikan ini. Kondisi ini membuat Raja Menak Sembuyu menjadi panik, dan dia berusaha melakukan berbagai upaya untuk menyembuhkan putri kesayangan dan rakyatnya tersebut.

Para dukun dan ahli pengobatan terkenal dipanggil ke istana agar bisa mengobati dan menyembuhkan penyakit Dewi Sekardadu. Namun hasilnya nihil, sehingga Prabu Menak Sembayu mengadakan sayembara dan mengumumkannya ke seantero Nusantara.

Sayembara itu menyebutkan siapa saja yang bisa melenyapkan wabah penyakit tersebut. Raja akan menikahkan pria yang berhasil menyembuhkan Dewi Sekardadu. Bahkan, mengangkatnya sebagai raja muda, serta menyerahkan setengah wilayah Kerajaan Blambangan. Di tengah kekalutan tersebut, Patih Blambangan Bajulsengara kemudian melaporkan kepada Raja Menak Sembuyu tentang keberadaan seorang pertama aneh di Gunung Slangu. Dengan penuh keyakinan, dia meyakini pertapa aneh itu bisa menyembuhkan Dewi Sekardadu.

Akhirnya sang prabu langsung memerintahkan patihnya untuk menjemput pertapa yang dikenal Bajulsengara ini disebutkan berperilaku aneh, ternyata Syekh Maulana Ishaq.

Saat bertemu, sang patih menyampaikan pesan dari raja dan meminta bantuan menyembuhkan Dewi Sekardadu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.5078 seconds (0.1#10.140)