Siasat Licik Raja Lumajang Arya Wiraraja Runtuhkan Kerajaan Singasari Munculkan Majapahit

Jum'at, 28 Juli 2023 - 06:24 WIB
loading...
A A A
“Arya Wiraraja selaku seorang muslim memiliki kewajiban moral untuk mencegahnya”. Ketidaksetujuan Arya Wiraraja terhadap gagasan Kertanegara mempersatukan Nusantara yang sekaligus meluaskan ajaran Tantra Bhirawa menjadi prinsip seorang muslim.

Sikap Arya Wiraraja yang menolak penyatuan Nusantara diketahui oleh Kertanegara. Ia dihukum dengan dijauhkan dari Singasari, yakni diangkat sebagai penguasa Madura.

Kertanegara sengaja mengadu Arya Wiraraja dengan Nararya Cakrawarddhana, saudara ayahnya yang sudah lebih dulu sebagai penguasa Madura. Sejarah mencatat, Arya Wiraraja meminjam tangan Raja Glangglang Jayakatwang berhasil memecundangi Kertanegara.



Singasari pun runtuh.Hebatnya, Arya Wiraraja juga yang mendesain Raden Wijaya, menantu Kertanegara menggulingkan Jayakatwang. Melalui sarannya juga, Raden Wijaya berhasil mendirikan Kerajaan Majapahit.

Bersama dua putranya, yakni Arya Nambi dan Arya Menak Koncar serta pasukan Madura, Arya Wiraraja membangun keraton Majapahit. Atas jasanya, Majapahit mengangkat Arya Wiraraja sebagai Raja Lumajang.

Sedangkan Nambi diangkat sebagai patih Kerajaan Majapahit. Sepeninggal Arya Wiraraja dan Nambi yang tutup usia, Arya Menak Koncar yang bergelar Sri Nararya Wangbang Menak Koncar

Arya Menak Koncar memiliki putera bernama Arya Wangbang Pinatih yang diyakini juga seorang muslim. Pada saat Mahapatih Gajah Mada menjalankan politik persatuan Nusantara, Arya Wangbang Pinatih ikut ekspedisi penaklukan ke Bali.

“Itulah, awal keturunan Arya Menak Koncar dari jalur Arya Wangbang Pinatih tinggal di Bali,” demikian dikutip dari buku Atlas Wali Songo.
(ams)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2993 seconds (0.1#10.140)