BPJAMSOSTEK Ajak Serikat Pekerja Ikut Awasi Kinerja Perusahaan

Kamis, 23 Juli 2020 - 23:43 WIB
loading...
BPJAMSOSTEK Ajak Serikat Pekerja Ikut Awasi Kinerja Perusahaan
Rapat koordinasi dengan Serikat Pekerja Kabupaten Sidoarjo, Kamis (23/7/2020). Foto/Ist
A A A
SIDOARJO - BPJAMSOSTEK Sidoarjo, mengajak serikat pekerja untuk turut mengawasi kinerja perusahan, baik perusahaan menengah dan perusahaan besar. Pengawasan itu menyangkut hak dan kewajiban perusahaan dalam pemenuhan perlindungan para pekerja.

(Baca juga: Positif Terpapar COVID-19, Dua Warga Solo Meninggal )

Hal itu disampaikan oleh Kepala BPJAMSOSTEK Sidoarjo, Ainul Kholid, dalam Rapat Koordinasi dengan Serikat Pekerja Kabupaten Sidoarjo, Kamis (23/7/2020). Rapat yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat tersebut membahas pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan dan pelayanan di era new normal.

Dalam kesempatan tersebut, Ainul menghimbau kepada serikat pekerja untuk ikut menindak lanjuti perusahaan yang masih mendaftarkan sebagian tenaga kerja. Terutama yang melaporkan sebagian upah tenaga kerja, serta perusahaan skala menengan atau besar yang belum mendaftar program Jaminan Hari Tua (JHT) maupun Jaminan Pensiun (JP).

"Ya memang kita harus bisa bekerjasama untuk kepentingan para pekerja semua, karena nanti jika upah yang dilaporkan hanya sebagian kan yang dirugikan juga para pekerjanya juga," katanya. (Baca juga: Gerebek Rumah Bujang, Warga Temukan Ribuan Baju Dalam Wanita )

Selain itu, dalam rapat yang diikuti Kepala Dinas Tenaga Kerja Fenny Apridawati, Ketua DPD SPSI Jawa Timur Ahmad Fauzi beserta dua puluh enam Ketua DPC SP/SB Kabupaten Sidoarjo ini juga membahas tentang pelayanan BPJAMSOSTEK Sidoarjo di era normal

Ainul menegaakan, bahwa BPJAMSOSTEK Sidoarjo berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan prima yang terbaik untuk peserta yang mengajukan klaim,

"Ada dua cara untuk klaim, bisa melalui online maupun offline datang ke kantor akan dilayani sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan," jelas Ainul. (Baca juga: Ini Penjelasan Tim Peneliti soal Arak Bali untuk Terapi COVID-19 )

Kepala Dinas Tenaga Kerja Sidoarjo, Fenny Apridawati, mengakui pihaknya dari awal sudah sangat mendukung penuh program-program BPJS Ketenagakerjaan. Menurutnya program BPJAMSOSTEK sangat penting bagi para pekerja.

"Dari awal saya sangat mendukung program-program BPJAMSOSTEK karena sangat penting bagi para pekerja dan saya menyarankan semua pekerja harus terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan," tegasnya.

Disisi lain, Ketua DPD SPSI Jawa Timur, Ahmad Fauzi menegaskan, saat ini perlu adanya peningkatan pelayanan BPJAMSOSTEK . Perusahaan asuransi plat merah ini dihimbau melakukan kroscek lebih mendetail terkait dengan adanya PDS (Perusahaan Daftar Sebagian) upah, tenaga kerja, program di setiap perusahaan di Kabupaten Sidoarjo

"Mungkin perlu dilakukan kroscek terlebih dahulu terkait perusahaan yang daftar sebagian upah, tenaga kerja dan program," tandas Ahmad Fauzi.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)