Supiyah, Calhaj Usia 93 Tahun Gagal Naik Haji Terbentur Aturan: Ikhlas Saja!

Selasa, 23 Mei 2023 - 08:12 WIB
loading...
A A A
Cucu dari Supiyah ini mengaku neneknya sempat tiga kali gagal berangkat akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia di tahun 2020 dan 2021. Bahkan di tahun 2022 lalu, karena adanya pembatasan kuota dan umur, nama neneknya juga akhirnya tak bisa berangkat.

"Di tahun ini juga gitu, aturannya kan tidak boleh ada pendamping (kecuali petugas haji), makanya nenek itu tidak mau, hanya mau didampingi sama keluarganya. Setelah diskusi akhirnya kita putuskan tidak berangkat," bebernya.

Suryati, anak Supiyah satu-satunya menyatakan, ibunya sebenarnya memiliki kesehatan yang prima kendati usianya sudah menginjak umur 93 tahun. Bahkan Supiyah disebutnya tidak mengidap penyakit-penyakit aneh, hanya diakui ada pengurangan pendengaran dan daya ingat yang terasa beberapa tahun terakhir ini.

"Kalau penyakit tidak ada, beliau sehat-sehat, bahkan linu - linu pun tidak, makannya juga tidak ada pantangan, semua sehat. Cuma pendengaran dan ingatannya berkurang. Saya khawatirnya kalau di hotel itu, kalau waktu tawaf, sa'i gitu saya kira nggak masalah, ibu jalannya juga masih bisa meski pelan-pelan," terangnya.

Berangkat dari sanalah akhirnya Suryati menyarankan agar ibunya tidak berangkat haji terlebih dahulu sampai menunggu adanya aturan baru memperbolehkan pendamping berangkat. Bila hal itu terjadi ia tentu bersedia untuk mendampingi ibunya untuk naik ibadah haji ke Mekkah.

"Kita ikhlas nggak berangkat, mau gimana lagi itu sudah aturannya. Kalau tahun depan bisa (berangkat) ya Alhamdulillah. Kita mengalir saja, mengikuti aturan yang ada," pungkasnya
(msd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2156 seconds (0.1#10.140)