Supiyah, Calhaj Usia 93 Tahun Gagal Naik Haji Terbentur Aturan: Ikhlas Saja!

Selasa, 23 Mei 2023 - 08:12 WIB
loading...
Supiyah, Calhaj Usia 93 Tahun Gagal Naik Haji Terbentur Aturan: Ikhlas Saja!
Supiyah berusia 93 tahun calon jemaah haji tertua di Kota Malang gagal berangkat.Foto/Avirista Midaada.
A A A
MALANG - Supiyah (93) hanya bisa pasrah karena hasilnya menabung untuk berangkat haji gagal terealisasi. Pasalnya perempuan yang menjadi calon jamaah haji (calhaj) tertua di Kota Malang ini gagal berangkat akibat terbentur aturan ketiadaan pendamping yang biasanya mendampingi lansia berangkat haji.

Kepada MPI, Supiyah menuturkan sepatah kata keinginan untuk tetap berangkat haji ke Mekkah. Sambil dituntun anak, menantu, dan cucunya Supiyah bercerita sepatah kata.

"Yo sekarepe (ya terserah), kepengen wae (ya ingin saja berangkat haji)," jawab Supiyah saat ditanya oleh anaknya apakah ingin berangkat haji ke Mekkah, ditemui di rumahnya di Jalan Kyai Parseh Jaya Nomor 38 RT 5 RW 1 Kelurahan Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Baca juga: Aturan Baru Paksa Calon Haji Tertua di Kota Malang Tak Berangkat ke Tanah Suci

Abdul Ayyi, menantu dari Supiyah menuturkan, ibu mertuanya sudah berkeinginan berangkat haji lama. Bahkan sejak masih berusia 40 tahunan, Supiyah telah menabung dari hasil bekerjanya di Pabrik Rokok (PR) Faroka.

"Dulu ibu itu kerja di pabrik rokok Faroka di daerah Comboran selatan, sekarang pabriknya sudah tutup," ucap Abdul Ayyi saat mendampingi Supiyah.

Pria berusia 70 tahun ini juga berujar selain hasil menabung, ibu mertuanya juga mengumpulkan uang untuk ongkos keberangkatan haji dari hasil sawah yang dimilikinya. Selain itu, ada tambahan penghasilan dari mertua laki-laki atau suami dari Supiyah.

"Ibu itu punya sawah dan ada dari (peninggalan harta dari) bapak, ketika umur 50an ibu sudah berhenti bekerja di pabrik rokok. Tapi kan masih punya sawah di sawah macul sendiri," ujarnya.

Sementara itu, Ahmad Fatoni selaku cucu dari Supiyah mengungkapkan, awalnya perempuan kelahiran 15 April 1930 ini mendaftarkan diri untuk naik haji pada 29 Maret 2017. Saat itu ia juga baru menjalani ibadah umrah bersama anak, menantu, dan cucunya. Tetapi karena punya keinginan berangkat haji dan memiliki biaya, Supiyah akhirnya mendaftar bersama tiga orang anggota keluarga lainnya.

"Daftar empat orang, pada 29 Maret 2017 itu yang berangkat hanya Mbah saja, yang tiga lainnya termasuk saya, ibu, tidak berangkat tahun ini, yang lain tidak kepanggil," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2153 seconds (0.1#10.140)