Trafik Data XL Naik 17 Persen Selama Libur Lebaran 2023

Minggu, 30 April 2023 - 12:33 WIB
loading...
Trafik Data XL Naik...
Selama libur lebaran 2023, data XL Axiata mengalami kenaikan 17 persen dibanding hari normal.Foto/dok
A A A
SURABAYA - Selama libur lebaran 2023, trafik data XL Axiata meningkat 17 persen dibanding hari normal. Kenaikan ini khususnya di sejumlah wilayah yang menjadi tujuan rutin perjalanan masyarakat saat liburan.

Menurut Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto, kenaikan trafik secara rata-rata di Jawa Timur ini tidak terlepas dari meningkatnya mobilitas masyarakat dalam memanfaatkan liburan Lebaran.

"Sepanjang masa libur kemarin kami juga mampu menjaga kualitas jaringan. Hampir tidak ada laporan terjadinya gangguan jaringan. Kami senang bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan,” katanya, Minggu (30/4/2023)

Kenaikan trafik ini terjadi di Kabupaten Banyuwangi sebesar 60%, Lamongan 33%, Sampang 32% dan Jember sebesar 31%. Wilayah tujuan wisata popular Pantai Balekambang Kabupaten Malang dan Pantai Papuma Kabupaten Jember yang biasanya mengalami kenaikan trafik signifikan, tahun ini kenaikan sebesar 448% dan 273% di banding hari biasa.

Baca juga: Serap Aspirasi, CEO XL Axiata Temui Langsung Pelanggan dan Retail Outlet di Luwuk

Dilihat berdasarkan lokasi-lokasi yang identik dengan keramaian, kenaikan trafik di area bandara yang tertinggi terjadi di Bandara Juanda, Kabupaten Sidoarjo sebesar 33%. Lokasi pelabuhan dengan trafik tertinggi terjadi di Pelabuhan Jangkar Situbondo 64%.

Untuk area lokasi wisata, trafik tertinggi terjadi di Pantai Balekambang sebesar 448%, menyusul kemudian Pantai Papuma naik 273%, Pantai Pasir Putih Kabupaten Situbondo 215%, dan Wisata Gunung Bromo 150%.

Sementara itu, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Hari Raya Idul Fitri 1444 H, antara 19 April – 27 April 2023.

Data dari Customer Experience & Service Operation Center yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta, menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data sebesar lebih dari 37% dibandingkan periode Lebaran tahun sebelumnya, dan sekitar 17% dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadan.

Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik dan berlibur seperti tahun-tahun sebelumya sebelum pandemi.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengaku bersyukur bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa libur lebaran yang penuh kegembiraan ini.

"Persiapan khusus sudah kami lakukan sejak jauh-jauh hari untuk menyediakan layanan terbaik di libur Lebaran ini. Pada masa liburan kali ini, terjadi kenaikan trafik data yang cukup signifikan, demikian juga dengan data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis. Akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan,” katanya.
(msd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1781 seconds (0.1#10.140)