Kisah Pemberontakan Ra Kuti yang Memaksa Raja Jayanegara Mengungsi dari Istana Majapahit

Jum'at, 07 April 2023 - 08:45 WIB
loading...
Kisah Pemberontakan Ra Kuti yang Memaksa Raja Jayanegara Mengungsi dari Istana Majapahit
Akun Instagram @AI Nusantara, mengunggah hasil imajinasi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, tentang pemberontakan Ra Kuti berdasarkan novel berjudul Gajah Mada karya Langit Kresna Hariadi. Foto/Dok. @ainusantara
A A A
SUKABUMI - Duk during mati Ra Kuthi arep anga[...]bhathara. Linungan de nira maring bhathara maring Badhandher. Sah ring wngi tan ana ring wruh. Anghing wong bhayangkara angiring. Ini merupakan penggalan kalimat dari Kitab Pararaton.



Apabila diterjemahkan, kalimat tersebut berbunyi: "Ketika Ra Kuti belum mati ia ingin menjadi raja, sang raja lalu dilarikan ke Badander. Pergi pada malam hari dan tidak ada yang tahu. Hanya pasukan Bhayangkara yang mengiringi,"



Penggalan dari Kitab Pararaton tersebut, dikutib dari makalah karya Agus Aris Munandar, yang berjudul "Menelisik Lokasi Badander: Interpretasi Arkeologi-Sejarah". Makalah itu, disampaikan dalam Focus Group Discussion (FGD), bertema "Mbedander The Corner of Majapahit", pada 23-26 September 2020, yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro.



Dosen dari Departemen Arkeologi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (UI) Jakarta tersebut, dalam makalahnya menggambarkan bagaimana Kitab Pararaton menuliskan Raja Majapahit, Jayanegara harus mengungsi meninggalkan istananya, akibat pemberontakan Ra Kuti, sekitar tahun 1319 Masehi.

Usai mangkatnya Raden Wijaya, dan digantikan Raja Jayanegara, Agus Aris Munandar dalam makalahnya menyebutkan, situasi Majapahit sempat mengalami masa tenang karena tidak terjadi gelombang pemberontakan. Tetapi, memasuki sekitar tahun 1319 Masehi, pemberontakan kembali terjadi. Pemberontakan itu dilakukan seorang Dharmmaputra, bernama Ra Kuti.

Dharmaputra merupakan para pejabat yang selalu berada di lingkaran utama raja. Sehari-hari, para Dharmaputra ini bertugas di istana raja. Hal inilah yang membuat Ra Kuti dengan mudah menguasai Istana Majapahit, hingga memaksa Raja Jayanegara mengungsi dari istananya ke Desa Bedander.

Kisah Pemberontakan Ra Kuti yang Memaksa Raja Jayanegara Mengungsi dari Istana Majapahit
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1579 seconds (0.1#10.140)