Senin Pagi, Warga Cirebon Kebanjiran Akibat Luapan Sungai Cisanggarung

Senin, 03 April 2023 - 08:11 WIB
loading...
Senin Pagi, Warga Cirebon Kebanjiran Akibat Luapan Sungai Cisanggarung
Ratusan rumah di Desa Cilengkrang, Kecamatan Pasaleman, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, diterjang banjir, Senin (4/3/2023). Foto/iNews TV/Toiskandar
A A A
CIREBON - Banjir menerjang ratusan rumah warga di Desa Cilengkrang, Kecamatan Pasaleman, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Senin (3/4/2023). Luapan banjir yang masuk ke permukiman warga tersebut, berasal dari Sungai Cisanggarung.



Hujan lebat yang terjadi sejak Minggu (2/4/2023) tengah malam, menjadi pemicu terjadinya banjir. Sejumlah warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman, karena luapan banjir sempat mengalami kenaikan, hingga mencapai 50-70 cm.



Warga korban banjir tak dapat masak untuk makan sahur. Aktivitas warga juga terganggu akibat banjir tersebut. Bahkan sebagian warga nekat menerebos banjir untuk dapat pergi ke tempat kerja dan mengantarkan sekolah, dengan risiko motor mogok kemasukan air.



Salah satu korban banjir, Iin Mudahirin mengatakan, banjir tersebut akibat meluapnya Sungai Cisanggarung, dan diperparah akibat diguyur hujan selama lebih dari lima jam. "Hampir semua perabotan rumah tangga terendam banjir, karena tidak sempat menyelamatkannya," ungkapnya.

Senin Pagi, Warga Cirebon Kebanjiran Akibat Luapan Sungai Cisanggarung


"Akibat banjir, kami tidak bisa makan sahur. Alat masak, dan bahan makanan ikut terendam air banjir. Terpaksa juga banyak yang tidak puasa, karena harus kerja keras mengevakuasi barang-barang," ungkap korban banjir lainnya, Nursen.



Hingga kini, sebagian warga masih bertahan di rumah masing-masing, sambil menunggu air banjir surut. Warga berharap, banjir yang menjadi langganan setiap tahun tersebut, dapat diatasi pemerintah dengan pengerukan Sungai Cisanggarung yang mengalami pendangkalan.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1030 seconds (0.1#10.140)