Tolak Atlet Israel, Bung Karno dengan Gagah Berpidato di Gelanggang Ganefo

Senin, 03 April 2023 - 04:05 WIB
loading...
Tolak Atlet Israel, Bung Karno dengan Gagah Berpidato di Gelanggang Ganefo
Presiden Republik Indonesia, Soekarno. Foto/Dok. Arsip Nasional Republik Indonesia
A A A
Kegagalan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, akibat pembatalan yang dilakukan FIFA, membuat publik terkejut. Isu penolakan Timnas Israel, dianggap menjadi pemicu pembatalan tersebut.



Aksi penolakan terhadap atlet olah raga dari Israel, ternyata juga pernah dilakukan Presiden Soekarno. Proklamator Kemerdekaan Indonesia, yang akrab disapa Bung Karno ini, akhirnya menggagas Games of the New Emerging Forces (Ganefo) yang berlangsung 10 November 1963 di Jakarta.



Sebagai penggagas sekaligus penyelenggara Ganefo, Indonesia bukan hanya menjadi tuan rumah kejuaraan sepak bola dunia. Tapi juga seluruh cabang olahraga. Ganefo adalah jawaban Indonesia setelah dikecam Komite Olimpiade Internasional (IOC) karena tidak mengundang Israel dan Taiwan dalam Asian Games 1962.



Alasan tidak mengundang Israel, dan Taiwan, karena Indonesia bersimpati kepada negara-negara Arab, dan Tiongkok. Dampak tidak mengundang Israel, IOC menyatakan menskors Indonesia dalam Olimpiade Musim Panas 1964.

"Ganefo adalah inisiasi Indonesia, untuk menyelamatkan olah raga dunia dalam cengkeraman monopoli Komite Olimpiade Internasional atau IOC," demikian dikutip dari buku Ganefo Olimpiade Kiri di Indonesia (2016).

Bagi Indonesia, yakni khususnya Soekarno, Ganefo adalah pertaruhan besar. Karenanya Menteri Olah Raga Maladi yang dianggap sebagai yang paling bertanggung jawab, harus sukses melaksanakannya.

Soekarno ingin membuktikan kepada dunia, bahwa Indonesia bukan bangsa paria di bidang olah raga. Kemampuan olah raga ada dalam otot belikat orang Indonesia. Namun bagaimana menata dengan baik sekaligus menaikkan ke level prestasi dunia, tugas pemerintah mengorganisasikan secara terarah dan terpimpin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)