Abah, Penguasa Gunung Syawal Ciamis Ini Siap Mengaum Lagi

Minggu, 19 Juli 2020 - 12:21 WIB
loading...
Abah, Penguasa Gunung Syawal Ciamis Ini Siap Mengaum Lagi
Abah, macan tutul penguasa Gunung Syawal yang tertangkap di Ciamis, Jabar telah pulih dan siap dilepasliarkan usai dirawat di Kebun Binatang Bandung. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Abah, macan tutul yang tertangkap di Ciamis , Jawa Barat kondisinya telah pulih dan siap dilepasliarkan. Macan tutul penguasa Gunung Syawal ini sebelumnya telah menjalani perawatan di Kebun Binatang Bandung.

Macan tutul tersebut saat ini kondisinya sangat bugar. Hal itu bisa terlihat dari gerak-geriknya yang sudah mulai nampak agresif saat dikasih makan. "Fesesnya juga sudah berbentuk dan urine sudah normal. Setiap kali keeper memberi makanan, Abah mulai bersembunyi di bangku papan yang disiapkan di dalam kandang tersebut. Setelah ditinggalkan dia langsung menyantap makanan itu," kata Marketing Communication Kebun Binatang Bandung Sulhan Syafii (Aan), Minggu (19/7/2020). (Baca juga: Kerap Memangsa Hewan Ternak, Macan Tutul di Ciamis Masuk Perangkap)
Abah, Penguasa Gunung Syawal Ciamis Ini Siap Mengaum Lagi

Bugarnya macan tutul itu juga terlihat dari bulunya yang tampak berkilau dan keagresifannya juga sudah mulai pulih. Menurut tim dokter kebun binatang Bandung, memang sudah saatnya Abah dilepasliarkan, dikembalikan ke habitat asalnya. (Baca juga: Macan Tutul Penguasa Gunung Sawal Ciamis Kini Stabil di Bonbin Bandung)
Abah, Penguasa Gunung Syawal Ciamis Ini Siap Mengaum Lagi

Selama ini, kata dia, petugas di Kebun Binatang Bandung memberikan pakan ayam hidup 1 ekor dan juga kombinasi dengan daging sapi. Totalnya 1 kg ayam dan 1 kg daging sapi. "Kenapa ayam hidup, ini untuk menjaga insting liarnya agar tetap normal," jelasnya.

Dia berharap, pemerintah cepat mengambil langkah langkah untuk segera melepasliarkan macan tutul ini. Karena bagaimanapun bila terlalu lama dalam kandang dikhawatirkan instingnya akan tumpul.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4324 seconds (0.1#10.140)