Mahasiswa UNS Terperosok ke Dalam Goa Braholo saat Pasang Tali Safety

Minggu, 26 Maret 2023 - 19:53 WIB
loading...
Mahasiswa UNS Terperosok ke Dalam Goa Braholo saat Pasang Tali Safety
Tim SAR Gabungan saat berusaha mengevakuasi mahasiswa UNS yangterperosok ke dalam Goa Braholo saat pasang tali safety, Minggu (26/3/2023). Foto: Istimewa
A A A
GUNUNGKIDUL - Seorang mahasiswa asal Universitas Sebelas Maret (UNS) jatuh terperosok ke Luweng (goa vertikal) yang berada di dalam kompleks Goa Braholo di Padukuhan Ngandong Rt 001/016 Kalurahan. Purwodadi Kapanewon Tepus Kabupaten Gunungkidul , Minggu (26/3/2023) siang.

Kasi Humas Polres Gunungkidul, Iptu Suranto mengatakan, korban adalah Noval Bachrul Ulum (22) mahasiswa Fakuktas Kedokteran UNS Solo. Mahasiswa asal Tegal Jawa tengah ini terperosok saat mencoba masuk ke dalam goa. "Mereka mencoba susur goa,"kata dia, Minggu



Peristiwa tersebut bermula saat korban beserta 5 rekannya, sekira pukul 07.00 WIB, berangkat dari Mapala PMPA VAGUS Universitas Sebelas Maret, menuju ke goa Brahoro, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul. Sekira pukul 09.00 WIB tiba di goa.



Kemudian korban beserta dua rekannya Agra dan Nita memasang tali safety di atas tebing. Setelah tali terpasang kemudian korban beserta rekannya mencari titik Ancor untuk memasang tali karmantel guna menuruni goa. “Sesaat kemudian korban menemukan titik yang akan digunakan sebagai ancor,"kata dia.



Sesaat kemudian tali ditalikan di batu yang telah ditentukan. Namun nahas pada saat korban akan menaruh bantalan tali karamantal, tiba-tiba korban terjatuh dan terglincir. Korban berteriak dan tertahan oleh tali safety namun batu yang digunakan untuk tali safety tidak kuat hancur.

Hal ini mengakibatkan korban terjatuh ke dasar goa. Rekan korban yang bernama Arga kemudian memanggil korban namun tidak ada respon. Rekannya yang lain kemudian menuju ke pantai siung untuk meminta bantuan tim SAR. "Hingga sore ini, proses evakuasi masih berlangsung," tukasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1955 seconds (0.1#10.140)