3 Narasi Sejarah Kerajaan Majapahit yang Diragukan Kebenarannya, Nomor 2 Paling Umum

Rabu, 15 Maret 2023 - 13:11 WIB
loading...
A A A
Dalam hal ini, kekuasaan Majapahit meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura, dan Bali. Selain itu, kerajaan ini juga memiliki sangat disegani dan punya pengaruh luas di Nusantara.

Lebih lanjut, kesalahpahaman yang kerap muncul adalah terkait kerajaan-kerajaan lain yang memberi upeti atau pajak ke Majapahit. Padahal, hal tersebut hanya sebatas hadiah yang kala itu wajar diberikan untuk sebuah negara kuat (Majapahit).

Maka dari itu, alih-alih disebut menguasainya, mungkin lebih tepat jika disebut bahwa Majapahit bermitra dan menjalin hubungan baik dengan wilayah atau daerah tersebut.

3. Sumpah Palapa
Sumpah Palapa menjadi salah satu hal paling ikonik dari Gajah Mada. Pada ikrar yang disampaikan, diyakini isinya adalah terkait sumpahnya untuk tidak menikmati palapa (kenikmatan duniawi) sebelum menyatukan Nusantara.

Akan tetapi, seiring perkembangannya muncul pandangan yang kontra terkait sumpah tersebut. Salah satu keraguan datang dari sebuah anggapan bahwa sumpah palapa bukan berisikan tentang janji penaklukan wilayah, melainkan hanya untuk menjalin hubungan baik saja dengan daerah lain di Nusantara.

Jadi, narasinya masih cukup relevan dalam artian ‘untuk menyatukan Nusantara”
(msd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0785 seconds (0.1#10.140)