alexametrics

Hilal Masih Terhalang Kabut Asap

loading...
Hilal Masih Terhalang Kabut Asap
Petugas dari Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sumatera Selatan mencoba melakukan proses rukiyatul hilal di atas ketinggian Hotel Aryaduta Palembang kemarin.
A+ A-
PALEMBANG - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menya takan, jika penampakan hilal untuk menentukan perayan Idul Adha 1436 hijriah tahun ini, masih terhalang pekatnya kabut asap yang saat ini melanda sejumlah wilayah di Sumsel, termasuk Kota Palembang.

Kepala Kanwil Kemenag Sum sel Hambali mengakui, bah wa kondisi cuaca di Kota Pa - lem bang belakang ini kurang mendukung untuk melak sanakan proses rukiyatul hilal (melihat hilal) lantaran tertutup awan dan kepekatan asap akibat kebakaran lahan yang melanda sejumlah wilayah di Sumsel.

Menurutnya, sesuai instruksi Menteri Agama pada Minggu (13/09), sekitar pukul 18.00 WIB, pihaknya telah melakukan proses rukiyatul hilal demi mendukung penetapan 1 Dzulhijjah 1436 hijriah, dengan arah 3 derajat 46 menit 31 detik dari titik barat ke utara. Pada saat matahari terbenam sambungnya, ketinggian hilal di Palembang 0 Derajat 33 menit 20 detik di atas ufuk mar’i dan hilal terbenam pada sekitar pukul 18.02 WIB, ada titik 2 derajat 20 menit 11 detik dari titik barat ke utara.



”Hasil dari proses rukiyat sore ini (kemarin) langsung disampaikan kepada Kemenag RI un tuk diteruskan ke Direktur Urus an Agama Islam dan Pembinaan Syariah untuk menjadi bahan pertimbangan dan pe netapan 1 Dzulhijjah 1436 hijriah me lalui sidang isbat nanti,” katanya. Untuk itu, ia tetap menyerahkan sepenuhnya kepada hasil sidang isbat (penetapan) tersebut yang saat ini tengah dilakukan Kemenag.

”Untuk penetapan nya masih kita tunggu. Kita juga melihat bagaimana hasil dari titik lain yang melakukan proses rukiyatulyang sama,” imbuhnya. Terkait tragedi ambruknya alat berat jenis crane di Mekkah, Hambali juga tetap meng inga tkan kepada seluruh jamaah haji asal Embarkasi Palembang untuk tetap waspada dan berhatihati. Apalagi, cuaca di Mekah masih belum bersahabat.

Pihaknya juga mengimbau kepada seluruh petugas haji untuk lebih intensif meng ingatkan jemaah mereka untuk tidak memaksakan diri untuk selalu pergi ke Masjidil Haram. ”Fokuskan diri untuk persiapan wukuf di Arafah. Bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi terkini serta up date data korban, masyarakat ataupun keluarga jemaah haji bisa meng hubungi hotline (+966) 500 6119 63 dan (+966) 555 0292 26,” tambah Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Palembang, Sae fuddin.

Andhiko tungga alam
(ars)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak